Apa yang terbayang dalam benak anda jika makan sate dengan kentang goreng? Ya, ini adalah sate ala kuliner Jerman. Sebelumnya saya pernah membahas Schaschlik yang juga dikemas seperti sate, makanan nusantara. Namun schaschlik adalah potongan daging tanpa lemak yang diselipi paprika. Berbeda dengan schaschlik, saya membahas hal serupa tetapi berbeda penyajiannya yakni filet spiesse.

Apa itu filet spiesse?

Saya menikmati makanan ini di restoran di Austria, yang dekat perbatasan Jerman. Restoran lokal ini menawarkan menu ini seperti sate karena semua potongan daging ditusuk dalam bilah besi. Ini bukan seperti di Indonesia dimana potongan daging ditusuk pada bilah bambu. Sepertinya bilah besi lebih membuat potongan daging masak lebih baik. Potongan daging pun dipilih tanpa lemak.

Hal menarik pada fllet spiesse adalah sisipan bawang bombay yang ikut dibakar bersamaan potongan daging. Isi satu porsi hanya satu tusuk yang terdiri beberapa potong daging. Rasa daging pun tak banyak rempah seperti sate khas nusantara. Hanya ada rasa asin dan merica saja.

Perbedaan schaschlik dengan filet speisse terlihat. Schaschlik yakni potongan daging yang disisipi dengan paprika dan diberi sedikit saus merah, bisa jadi pedas sesuai selera. Sedangkan filet spiesse adalah potongan daging yang disisipi dengan bawang dan tanpa saus. Begitu ya!

Kedua yang menarik adalah menikmati sate dengan kentang goreng. Menikmati sate seperti ini tak ubahnya menyantap steak, karena potongan daging yang grilled dan kentang goreng.

Apakah anda tertarik mencobanya?