Kofta, Kroket Isi Sayuran dengan Kuah Kari: Makanan Khas India (7)

Tampak kofta sebelum diberi kuah kari.

Minggu lalu saya membahas bakso daging sapi khas Makedonia maka kali ini saya membahas bola-bola isi sayur dan tambahan keju paneer sedikit di dalam. Jika melihat penampilannya, anda bisa membayangkan ini seperti kroket. Setelah saya mencoba menikmatinya, kofta berbeda dengan kroket apalagi menikmatinya ditambah kuah kari. Ini adalah salah satu kuliner khas India. Saya menikmati satu kofta saja tanpa kuah kari sudah cukup kenyang. Pasalnya kofta dibuat dari kentang.

Penasaran ‘kan? Lanjut ulasan kofta berikut ini!

Kofta setelah dibuat adonan, dibentuk bulat lonjong dan diberi tepung roti.

Di India kofta bisa menjadi pilihan makanan vegan karena berisi hanya sayuran saja. Namun kofta yang saya perlihatkan pada anda adalah makanan vegetaris dimana ada keju paneer di dalam. Ada pula yang membuat kofta dengan daging sapi cincang ditambah rempah-rempah India yang harum. Pastinya kofta dinikmati dengan kuah kari yang lembut dan sedikit pedas.

Rupanya kofta tidak hanya berasal dari India saja, teman saya asal Persia mengaku bahwa di Iran pun ada kofta. Isian kofta pun tergantung si pembuat, bisa sayuran atau daging juga. Ini mengingatkan saya pada kroket yang bisa diisikan apa saja seperti sayuran, telur rebus atau daging sapi. Di Jerman, jajanan kofta kerap dijajakan sebagai street foods di gerai Imbis Turki atau Timur Tengah. Hal membedakan kofta dengan kofta asal India adalah kofta asal India diberi saus kari sebelum disantap.

Tampak isian kofta tanpa kuah kari.

Saya mengikuti pembuatan kofta asal India. Pertama, bahan yang perlu disiapkan adalah kentang yang sudah direbus kemudian dihancurkan. Kedua, bahan lain seperti wortel, kacang polong, keju paneer, tepung
Ground flour sejenis tepung khas India, masala, garam, merica, azwan, bawang putih dan ketumbar. Ketiga, campur semua bahan dalam satu wadah secara bersamaan dan dibentuk bola-bola kecil.

Selanjutnya, bola-bola kecil dimasukkan dalam wadah yang berisi tepung roti sambil dibuat agak lonjong. Kemudian kofta yang sudah hampir matang ini digoreng dalam minyak panas yang merendam keseluruhan kofta. Setelah kofta berwarna kecokelatan, kofta bisa didinginkan dan disimpan di mesin pendingin untuk disajikan sebagai stok makanan. Sebelum kofta disajikan, ada kuah kari berisi saus yang creamy dan sedikit pedas.

Kebanyakan orang India menikmati kofta dengan roti khas India seperti naan atau plain parata. Namun ada pula yang menikmati kofta kari dengan nasi. Semua tergantung selera yang makan, sama seperti isian kofta pun tergantung si pembuat. Bagi saya, satu kofta saja sudah cukup mengenyangkan.

Bagaimana menurut anda?

Advertisements

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

4 thoughts on “Kofta, Kroket Isi Sayuran dengan Kuah Kari: Makanan Khas India (7)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.