ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Mengapa Ambil Liburan di bulan Agustus?

Sejak beberapa minggu lalu pihak personalia di tempat saya bekerja pusing menentukan pembagian jadwal kerja di bulan Agustus. Kebanyakan karyawan mengambil cuti liburan musim panas di bulan Agustus. Saya akhirnya jadi paham ketika di awal kerja ditanya kapan saya biasanya menghabiskan liburan musim panas. Sejujurnya kami memang tidak melakukan libur musim panas di bulan Agustus sehingga hal ini tidak menjadi kekhawatiran. Sementara hampir sebagian besar karyawan di tempat saya bekerja meminta cuti di bulan Agustus.

Tentu anda bertanya, mengapa banyak orang-orang di Jerman senang memilih cuti untuk liburan musim panas di bulan Agustus. Akhirnya saya mencoba mencari tahu dengan bertanya kepada rekan kerja yang melakukannya.

1. Liburan musim panas

Negeri empat musim seperti Jerman itu serba salah saat dilanda musim dingin dan musim panas. Kala musim dingin, betapa sulitnya orang berpergian karena cuaca dan suhu yang tak nyaman membuat banyak orang memilih berdiam di dalam rumah atau ruangan. Begitu pun sebaliknya, saat terjadi musim panas seperti sekarang.

Tahun ini Jerman termasuk terlanda badai angin panas. Suhu pekan lalu bahkan mencapai 37 sampai 40 derajat celcius di wilayah tempat tinggal saya. Ada yang memilih meliburkan diri dan tidak berpergian, namun ada juga yang pergi ke tempat sejuk alias liburan. Puncaknya musim panas memang hanya enam minggu dan ini dimanfaatkan untuk rileks dan berlibur. Enam minggu itu termasuk di bulan Agustus. Jadi anda tahu alasan orang mengambil liburan musim panas.

2. Libur anak sekolah

Hal menarik libur agenda sekolah di seluruh Jerman itu berbeda-beda di tiap bundesland. Saya tinggal di wilayah Bavaria atau Bayern yang saya tahu memang Agustus sudah menjadi jadwal liburan anak-anak sekolah. Orangtua yang biasanya bekerja pun mau tak mau ikut serta libur di bulan Agustus agar bisa menghabiskan waktu lebih lama dengan si buah hati. Kesempatan anak libur juga menjadi ajang momen istimewa orangtua dan anak. Orangtua bekerja mengambil cuti agar bersama si buah hati.

3. Promo dari Biro Agen Perjalanan

Saya juga melihat banyak promo paket tur liburan yang ditawarkan berseliweran di bulan Agustus. Paket liburan itu di sini tidak hanya ditawarkan oleh agen perjalanan saja tetapi ada juga dari pihak supermarket dan pihak lain yang menawarkan promo liburan. Momen liburan di bulan Agustus lebih gencar dilakukan karena musim itu menjadi high season di Eropa.

4. Bulan di tengah tahun

Kebanyakan orang-orang Jerman mengambil libur tahunan itu pada saat Hari Raya Natal dan Tahun Baru. Momen akhir dan awal tahun menjadi ajang kumpul keluarga. Nah, untuk membuat jeda antara awal dan akhir tahun maka dipakailah cuti di bulan Agustus untuk berlibur sejenak. Intinya, orang-orang di sini merasakan pentingnya liburan sebagai jeda kesibukan rutinitas yang selama ini melanda. Bulan Agustus dipandang layak dipilih jadi cuti liburan musim panas karena ada di tengah tahun dan puncaknya musim panas.

5. Menikmati lamanya matahari bersinar

Musim panas itu memang paling asyik. Bangun pagi hari, matahari sudah bersinar. Jam delapan atau sembilan malam pun, suasananya masih seperti senja yang indah. Musim panas adalah hari yang panjang dan indah. Suhu yang hangat membuat orang senang menikmatinya dengan melakukan aktivitas di luar rumah. Itu tidak melulu dengan mengeluarkan uang untuk berlibur ke luar negeri. Rekan kerja saya yang lain mengambil cuti bulan Agustus karena dia ingin merenovasi rumah. Hal ini tentu tidak bisa dilakukan di musim dingin. Jadi lamanya matahari bersinar membuat orang senang beraktivitas, termasuk berkebun, berkemah, memancing bahkan merenovasi rumah.

Nah, itu tadi lima alasan yang saya temukan dari orang sekitar saya. Sebagian senang memilih liburan di bulan Agustus sementara ada yang senang juga mencari uang tambahan di bulan Agustus. Musim panas tidak hanya untuk liburan saja, tetapi bisa meningkatkan pendapatan bagi mahasiswa seperti saya. Untuk cari penghasilan tambahan di musim panas bisa dicek di sini.

Advertisements

Categories: ALL ABOUT DEUTSCHLAND

Tagged as: ,

2 replies »

  1. wah disini malah awal bulan juli sudah pada libur sekolah kak, tapi malah pada sibuk soal pendaftaran siswa baru, mungkin libur nya sudah puas saat libur lebaran kemarin :mrgreen:

    Liked by 1 person

  2. Di Jerman kangen musim panas ya? Penantian yang cukup lama pastinya, dan sudah bosan dengan berdiam diri di rumah saat musim dingin. Kalau di Jakarta sini kebalikan, pengin tempat yang dingin seperti Puncak. Tapi gak nyaman karena macetnya. Mau coba situ patenggang di Bandung November tahun ini.

    Selamat menanti liburan. ­čÖé

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.