Gyros Calamari, Seafood dan Daging Menyatu: Makanan Khas Yunani (8)

Makanan Yunani selanjutnya yang dibahas adalah gyros calamari. Makanan ini begitu populer dijual, tidak hanya di restoran saja tetapi juga jajanan street food. Karena makanan ini mudah disajikan dan praktis untuk dikemas. Ini bisa jadi alasan Imbiss menjualnya dengan harga terjangkau.

Tetapi bagaimana jika gyros calamari dinikmati di restoran?

Seperti tampak pada foto, irisan gyros dan tiga potong cumi-cumi dalam piring. Ada nasi paprika yang biasa disajikan di restoran Yunani dan Mediterania. Tak hanya itu, melengkapi sajian ada saus tzatziki yang juga khas tersedia pada makanan Mediterania dan Yunani.

Pertama-tama, apa itu gyros?

Ouzo, semacam schnaps dan gratis dari restoran.

Jika Turki punya makanan kebab maka Yunani punya gyros. Begitu kira-kira menggambarkannya. Gyros adalah irisan daging yang dipotong vertikal seperti kebab yang sebelumnya diberi bumbu dan dipanggang. Konon ini merupakan migrasi kuliner yang didapat dari orang-orang Turki setelah terjadinya perang dunia kedua. Gyros pun terbuat dari campuran daging domba dan sapi, seperti kebab. Tetapi kini gyros juga ada yang dijual dengan daging ayam, daging babi dan vegan juga.

Gyros juga disajikan praktis dalam roti seperti sandwich yang menjadi street foods. Dalam roti ini terdapat irisan gyros, kentang goreng dan saus tzatziki. Ini pernah saya bahas sebelumnya di sini.

Itu berarti gyros disajikan secara terjangkau sebagai street foods atau eksklusif di restoran. Di restoran biasanya ada nasi paprika dan kadang ada pula yang masih menambahkan kentang goreng. Kini ditambah cumi-cumi yang dibalut tepung kemudian digoreng. Sesederhana itu. Untuk menguatkan rasa, anda perlu menikmatinya dengan saus tzatziki.

Di restoran Yunani, salad yang berisi sayuran segar dan racikan saus asam manis disajikan sebagai pembuka hidangan. Salad ini biasanya tidak dipungut biaya, kecuali jika anda menginginkan lebih. Plus jika anda beruntung, anda akan mendapatkan ouzo, semacam schnaps khas Yunani sebagai complimentary.

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

One thought on “Gyros Calamari, Seafood dan Daging Menyatu: Makanan Khas Yunani (8)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.