Nilai Apa yang Anda Perjuangkan dalam Hidup?

Dalam suatu seminar perkuliahan di Jerman si dosen bertanya kepada kami seluruh mahasiswa yang hadir saat itu, termasuk saya. Dia bertanya dalam bahasa Jerman, “Nilai apa yang anda perjuangkan dalam hidup?” dan dia meminta kita memikirkannya. Dia menambahkan nilai itu harus penting dan bisa saja ada dua sampai tiga nilai hidup yang penting.

Kami pun terdiam dan merenungkannya. Saya yang memikirkannya pun ternyata tak mudah juga menjawabnya. Saya merasa semua nilai itu penting. Lalu dosen menghampiri saya dan menguatkan. “Pilihlah nilai itu tidak hanya penting, tetapi juga utama dalam hidup sehingga anda perlu perjuangkan!”

Jika anda seperti saya, apa jawaban anda?

Ada banyak teori tentang nilai dalam hidup. Dan itu semua tidak sama. Misalnya, saya yang berasal dari Asia memandang nilai kebersamaan (collectivisme) itu penting. Saya dan suami suka sekali pakai baju batik seragam saat kami berdua pergi ke gereja waktu kami berada di Indonesia dulu. Saya dan rekan kerja satu tim saat berkantor di Jakarta dulu senang sekali melakukan apa saja bersama-sama. Karena perasaan ‘sense of belonging’ itu penting berdasarkan budaya saya dari Indonesia.

Namun bayangkan saat saya berada di Eropa, nilai ‘kebersamaan’ itu tidak ada. Nilai yang ada adalah nilai kebebasan. Saya dan suami juga merasa aneh juga jika kita mengenakan pakaian seragam bersama-sama. Di sini orang dibiarkan tumbuh sebagai pribadi yang unik. Mungkin saya yang berasal dari Asia memandang ini adalah nilai individualistik atau egoistik. Ternyata salah, nilai ini tumbuh karena kultur.

Perbedaan nilai hidup bisa terjadi karena kultur, pengasuhan orangtua (parenting) dan faktor lain baik internal maupun eksternal.Nilai hidup itu mempengaruhi seberapa besar anda mencapai tujuan hidup.

Ada orang yang menganggap nilai hidup itu adalah nilai kesenangan (joyful) dan kenikmatan tetapi ada orang yang memandang nilai hidup itu pada ranah moral dan etika. Ada orang punya nilai kesederhanaan sudah bahagia, tetapi ada yang justru sebaliknya nilai kekayaan itu jadi tujuan hidup. Ada yang meninggalkan nilai kenikmatan untuk meraih nilai moral tetapi ada pula yang melupakan nilai moral untuk meraih nilai kesenangan.

Nilai lainnya pula bagi orang yang memperjuangkan nilai-nilai politis dalam hidup. Justru sebaliknya ada orang yang memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan dan humanitas. Kedua nilai ini bisa beriringan pun pula bisa saja berbenturan.

Nilai hidup tiap orang itu tidak sama. Anda sendiri bagaimana?

Advertisements

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

4 thoughts on “Nilai Apa yang Anda Perjuangkan dalam Hidup?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.