Makanan Khas India (8): Nasi Kari Basmati, Kaya Rempah dan Nikmat

Nasi kari Basmati adalah nasi yang umumnya digunakan di restoran India di sini. Nasi basmati seperti yang pernah saya ulas sebelumnya memang punya tekstur dan rasa yang berbeda seperti yang saya ulas di link ini. Saya yang kerap mendatangi restoran India di Jerman dan Austria mendapati beras yang digunakan itu adalah beras basmati. Menariknya, jika anda makan tak perlu bayar porsi nasi yang disediakan berserta lauk pauk yang anda pesan, kecuali anda ingin porsi nasi lebih.

Saya gemar sekali mencicipi nasi kari khas India yang kaya akan rempah. Ini mengingatkan saya pada nasi yang disiram kuah gulai pada restoran padang di Indonesia. Bedanya nasi kari sudah dibumbui terlebih dulu sebelum disajikan. Pada nasi gulai restoran padang tentu nasi putih biasa yang hangat ditambah kuah gulai yang berempah. Intinya nasi kari basmati khas India menurut saya sudah cukup nikmat dan mengenyangkan.

Nasi kari ini tak pernah mengecewakan karena beras basmati yang bertekstur panjang dan empuk dijamin memberi rasa berbeda. Tak hanya bumbu kari yang menguatkan rasa nasi tetapi ada tambahan kacang polong, kismis dan juga wortel. Makan apa saja dengan nasi kari menurut saya, sudah cukup mengeyangkan. Kadang ada pula nasi kari diberi tambahan kacang mede. Misalnya saya memesan kari yoghurt ikan dengan nasi kari itu sudah membuat saya berselera.

Jika anda adalah vegan dan vegetaris, menikmati nasi kari basmati cukup memuaskan selera anda. Saya mengulik bumbu rempah yang diberikan adalah bawang putih, bawang merah, cabai bubuk, garam, garam masala, minyak goreng dan kunyit bubuk. Untuk tambahan lain seperti kacang polong, kacang mede, kismis dan wortel, silahkan sesuaikan dengan keinginan anda.

Memasak nasi kari khas India ini juga tak sukar. Setelah anda menumis semua bahan kecuali beras basmati, tambahkan dalam panci, air yang cukup untuk menanak nasi. Tambahkan beras basmati sesuai kebutuhan dan biarkan hingga tanak. Masak hingga air kering dan nasi masak.

Bagaimana menurut anda?

3 thoughts on “Makanan Khas India (8): Nasi Kari Basmati, Kaya Rempah dan Nikmat

Leave a comment