Spaghetti Carbonara, Creamy yang Disuka: Makanan Khas Italia (21)

Setelah lama tak membahas kuliner Italia, kali ini saya bawakan menu yang sudah sering saya santap tetapi belum pernah diulas. Saya kerap memesan spaghetti carbonara justru pada saat saya sedang di luar Italia. Nama pasta cabonara juga melekat di Indonesia karena makanan ini juga mudah dijumpai di restoran bergaya western. Bisa jadi anda juga tak asing lagi dengan spaghetti carbonara.

Namun pertama-tama, apa arti nama carbonara itu sebenarnya?

Saya penasaran lalu bertanya kepada kenalan asal Italia. Maklum banyak juga orang Italia tinggal di Jerman. Menurut mereka, carbornara itu bisa diartikan “bacon and egg” ketika dia menjawab pertanyaan saya dalam bahasa Inggris.

Namun ada juga arti berbeda dari kata carbonara. Carbonara juga bisa diartikan bara arang. Lalu apakah makanan ini dimasak dengan bara arang seperti mie godok jawa yang pernah saya temui di Semarang? Nyatanya pasta carbonara tidak dimasak dengan bara arang.

Pasta carbonara biasa juga menggunakan spaghetti sehingga disebut spaghetti carbonara. Meski ada banyak pasta lainnya seperti rigatoni, fettucini dan masih banyak lainnya tetapi carbonara paling pas disajikan dengan spaghetti. Resep ini yang akhirnya dipublikasikan sebagai umumnya dikenal spaghetti carbonara pada abad 20.

Padahal spaghetti carbonara sudah dikenal sejak abad 19 awal. Nama carbonara mengacu pada potongan daging ham atau bacon dicampur dengan telur. Namun bacon yang dipilih tentu adalah bacon asap. Berangsur-angsur telur orak arik pada carbonara juga dicampur keju. Itu sebab pasta carbonara itu tampak creamy menyatu dengan spaghetti.

Sedangkan spaghetti dengan saus lain misalnya, saus dijadikan topping atau diletakkan di atas spaghetti. Tetapi spaghetti carbonara itu dibiarkan menyatu sehingga benar-benar disuka bagi pencinta makanan Italia.

Hmm, nikmat!

Advertisements

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.