Teh Hijau, Daun Mint dan Ketimun Dicampur Jadi Minuman Kala Musim Panas: Minuman (1)

Anda pasti sudah mendengar bagaimana Jerman dan sekitarnya terlanda musim panas yang sangat terik. Kamis lalu, saya sempat merekam suhunya dari penunjuk info di mobil saat mengendarai mobil. Saya tidak tahu tepatnya saya sedang berada dimana, tetapi suhu saat itu menjelang jam lima sore mencapai 40 derajat celcius. Ini benar-benar pengalaman musim panas terpanas dimana saya belum pernah mengalaminya di Eropa. Tetapi ini aneh, karena senin kemarin cuaca berubah menjadi 19 derajat saat jam dua siang. Tak ada yang bisa menebak cuaca saat ini.

Di tengah udara panas, saya menyambangi restoran yang mengusung makanan khas Afrika. Karena saya penasaran dengan kuliner ini, saya memesan makanan khas seperti yang saya tulis di sini. Namun untuk minumannya, saya memesan sesuatu yang berbeda dan belum pernah saya coba sebelumnya.

Minuman racikan restoran ini agak unik memang. Untuk pertama kalinya saya mencoba minum es teh hijau, dicampur daun mint dan irisan mentimun. Bagaimana rasanya? Anda pasti penasaran ‘kan.

Bagaimana membuatnya?

Pertama-tama teh hijau dari Jepang yang tepat disajikan. Lalu siapkan wadah yang sudah berisi air. Masukkan teh hijau bubuk dan daun mint. Beri sedikit perasan jeruk lemon. Jika anda suka manis, beri sedikit saja sirup tetapi ini hanya pilihan agar rasanya tidak pahit dari kandungan teh hijau. Setelah itu simpan dalam lemari es beberapa jam. Saat disajikan masukkan irisan mentimun dan beberapa es batu ke dalam gelas. Tambahkan mint sebagai hiasan.

Apa saja manfaatnya?

Manfaat minum teh saja, sudah pernah saya bahas sebelumnya di link ini. Di artikel tersebut anda bisa mengetahui manfaat teh hijau dan teh mint sekaligus. Namun bagaimana manfaatnya bila digabungkan menjadi teh hijau, daun mint dan mentimun sekaligus?

Saat saya mencicipi, ada rasa segar yang luar biasa enak. Beberapa batu es tampak mendinginkan minuman ini. Warna yang dihasilkan jelas hijau yang berasal dari daun mint, teh hijau dan mentimun itu juga. Ada rasa manis segar dalam minuman ini. Nikmat juga diminum saat musim panas begini.

Air mentimun adalah minuman banyak mengandung manfaat bagi kulit, mengatur tekanan darah dan baik pula untuk kesehatan tulang. Rasanya tepat jika saya meminum air mentimun saat panas karena minuman ini memberi kelembaban saat udara terik sekali. Begitu sederhananya air mentimun, anda bisa meraciknya sendiri di rumah. Hanya perlu segelas air, beberapa irisan mentimun dan sedikit perasan jeruk lemon. Simpan di lemari es sebelum menikmatinya!

Sedangkan untuk teh hijau sudah pasti baik sebagai anti oksidan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas dan mengurangi penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Siapa pun mengakui manfaat yang diberikan teh hijau untuk mencegah penyakit seperti diabetes misalnya. Tentu teh hijau diminum tanpa gula.

Mint juga dipercaya mampu mencegah tubuh dari serangan flu dan mengurangi rasa sakit pada masalah pencernaan. Bahkan ada yang mengatakan mint dapat membantu menurunkan berat badan.

Dari sekedar minuman yang kaya nutrisi namun mudah dibuat, mengapa tidak dibuat sendiri di rumah. Toh, manfaatnya mengalahkan minuman non alamiah tentunya.

Selamat mencoba!

Advertisements

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

2 thoughts on “Teh Hijau, Daun Mint dan Ketimun Dicampur Jadi Minuman Kala Musim Panas: Minuman (1)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.