3 Kreasi Daging Ayam yang Tidak Membosankan Ini Bisa Ditiru

Mengolah daging ayam menjadi masakan yang enak bisa jadi mudah, tetapi bagaimana jika daging ayam tersebut diolah dengan bumbu berbeda. Berbeda itu bisa berarti asing bagi saya dan anda, yang memang mengenal masakan nusantara dengan citarasa yang sudah pasti dikenali. Oleh karena itu, saya bagikan tiga kreasi berikut yang bisa dicoba di rumah. Meski masakan berikut sedikit serupa, tetapi rasa dan penampilannya berbeda. Ini bisa kreasi masak daging ayam yang tak membosankan.

1. Ayam Bakar Khas Timur Tengah

Waktu makan siang tiba. Saya pun bergegas menuju kantin kampus. Tak disangka, menu makan siang kali itu adalah ayam panggang. Saya yang sudah membaca daftar menu di website, segera mengantri bersama mahasiswa lainnya di depan etalase makanan.

Tampak menu yang saya ambil adalah nasi kuning dan ayam bakar. Itu pemikiran saya, namun bagaimana rasanya?

Nasi kuning itu di sini dikenal dengan nasi berbumbu kunyit. Mungkin nasi ini memang diolah dengan kunyit dan sedikit rempah sebelum disajikan. Rasa nasi kuning ini tentu berbeda dengan nasi kuning nusantara yang citarasanya ada daun salam, sereh dan santan. Nasi kuning ini berbeda tekstur pun rasanya.

Demikian dengan ayam panggang, yang biasanya saya nikmati ayam panggang kecap atau ayam panggang madu. Justru sebaliknya, ini adalah ayam panggang berbumbu dengan tidak ada rasa manis. Ayam cukup empuk, tetapi ada hal yang membedakannya. Saya pikir mereka tidak membakarnya, melainkan memanggangnya di oven.

2. Salad daging ayam, Vietnam

Makanan kedua adalah salad daging ayam ala Vietnam yang dipesan di restoran khas Vietnam. Ini adalah aneka salad, terdiri atas daun-daun segar yang diberi bumbu segar dan asam, kemudian direndam sebentar agar bumbu menyerap. Sayurannya ada kol, daun mint, tomat cheri, buah zaitun, tauge dan irisan wortel.

Seperti judulnya, salad daging ayam. Daging ayam dimasak terlebih dulu kemudian didinginkan hingga tak berasa panas. Potongan daging ayam diiris lebih kecil kemudian disajikan di atas tumpukan salad. Sebagai dekorasi dan penutup hidangan, ada daun mint yang masih segar sebagai topping.

3. Kari ayam pedas, India

Makanan olahan daging ayam terakhir tentu anda pernah dengar sebelumnya, yakni chicken tika masala. Saya pernah mengulas menu ini di link ini. Namun jika anda melihat kedua foto dengan nama yang sama, maka ternyata keduanya berbeda.

Chicken tika masala yang saya tampilkan sekarang benar-benar berasal dari restoran khas India. Masakan ini super pedas dibuat bagi pecinta makanan kari dan pedas. Level kepedasannya pun bisa diatur sesuai pesanan pembeli. Masakan kari ayam super pedas ini layak dicoba bagi pecinta masakan pedas.

Dari ketiga makanan olahan daging ayam di atas, manakah yang anda suka?

2 thoughts on “3 Kreasi Daging Ayam yang Tidak Membosankan Ini Bisa Ditiru

Leave a comment