Ide Sarapan (1): Rice Pudding, Manis dan Lembut

Rice pudding rasa strawberry.

Pertama kali saya mengenal rice pudding ini justru saat saya menginap di salah satu hotel di Bratislava, Slowakia. Waktu itu, saya melihat etalase makanan untuk sarapan pagi yang disajikan secara prasmanan. Saya pun mengambilnya sedikit untuk mencicipinya, barangkali enak. Itu pemikiran saya. Ternyata saya suka.

Kembali ke Jerman, kenalan asal Slowakia membawakan rice pudding saat bekerja. Katanya ini baik untuk mengganjal perut manakala kami berdua belum sempat makan siang dan masih banyak yang harus dikerjakan. Untuk kedua kalinya, saya mencicipi lagi rice pudding dan rasanya pun tetap sama-sama enak.

Sekarang saya jadi menikmati rice pudding di saat jeda makan pagi dan makan siang. Pasalnya, ini benar-benar nikmat saat ada break aktivitas. Atau ini biasa dinikmati sebagai sarapan pagi. Kandungan karbohidrat pada puding nasi baik untuk sumber energi. Selain itu, puding nasi ini juga rendah kalori karena biasanya susu yang digunakan untuk puding nasi sebaiknya susu rendah lemak. Ini baik dibandingkan produk olahan susu lainnya.

Kenalan asal Slowakia ini menjelaskan puding nasi bisa jadi alternatif alami untuk sarapan pagi jika suka. Dia suka membuatnya sendiri di rumah. Katanya, puding nasi sebaiknya menggunakan bahan alami seperti beras, gula, telur, susu dan sedikit garam. Untuk menambah rasa puding nasi, anda bisa menambahkan kayu manis, madu atau pisang yang dihaluskan. Bahan-bahan alami tersebut sangat baik untuk tubuh tentunya.

Dia menjelaskan pula, pudding nasi bisa disajikan dalam kondisi hangat saat musim dingin tiba. Hal menariknya lagi, pudding nasi bisa disimpan yang kemudian dikonsumsi di kemudian hari jika masih ada stoknya.

Sementara saat ini, saya masih menikmati pudding nasi dengan membelinya. Terbukti di kantin kampus beberapa minggu lalu menyediakan pudding nasi sebagai pilihan menu. Kadang saya juga membeli pudding nasi kemasan di supermarket. Satu mangkuk kecil pudding nasi sudah membuat saya kenyang karena satu cup bisa berisi 300 kalori.

Apakah anda sudah pernah mencoba pudding nasi juga?

6 thoughts on “Ide Sarapan (1): Rice Pudding, Manis dan Lembut

Leave a comment