Makanan Khas Afrika (3): Tumis Hati Sapi ala Mesir

Nasi dan tumis hati sapi.

Waktu makan malam tiba. Kami masih dalam perjalanan dari bandara udara menuju hotel. Begitu tiba di hotel, tempat kami menginap pertama kali, kami sudah mencium aroma masakan. Maklum saja, kami sedang melalukan check in di resepsionis hotel yang ternyata letaknya dekat dengan restoran. Selesai check in, petugas mengarahkan kami untuk makan malam sementara barang dan koper kami langsung di antar ke kamar.

Aksi koki memasak tumis hati sapi.

Makan yang disediakan hotel itu sistim buffet, saya memilih yang saya mau. Tiba di giliran bagian daging, matanya saya tertuju pada aksi koki yang memasaknya penuh semangat berapi-api. Bayangkan saja aksinya ini membuat aroma masakan semakin menjadi-jadi. Saya pun lapar. Tertulis nama menu adalah tumis hati sapi.

Si koki tersenyum saat saya menyodorkan piring. Koki menjelaskan dalam bahasa Inggris 2 menit lagi. Saya pun menunggu demi tumis hati yang saya inginkan.

Piring pun terisi porsi tumis hati sapi yang saya inginkan. Ini berbeda dengan tumis hati yang pernah saya pesan di restoran Yunani. Cerita saya di cek di sini.

Segera saya mengambil nasi putih yang dimasak dengan gaya khas Mesir. Warna nasi pun tak putih seperti yang sering saya makan. Ada rasa dan bumbu yang dimasukkan di dalamnya. Ini seperti nasi berbumbu dengan warna cokelat terang. Tetapi ini bukan nasi goreng.

Kembali ke tumis hati sapi, ada warna cokelat kehitaman dari saus yang diberikan. Ini berasa sedikit manis gurih dalam sausnya. Sementara potongan hati sapi dibiarkan menyatu dengan potongan sayur. Ada wortel, timun jepang, paprika, daun capri dan bawang bombay. Rasanya sudah pasti mantap dan enak!

Ini mungkin bisa jadi ide anda memasak tumis hati sapi ala Mesir seperti yang saya ceritakan di atas.

Advertisements

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.