Sup minestrone.

Makan malam ke sekian di hotel di Hurghada, Mesir bertajuk Italian Buffet. Pasta dan pizza sudah dipenuhi antrian. Sepertinya saya juga sudah sering mengulasnya di blog. Saya pun berpindah mencari sesuatu yang berbeda dan belum pernah diulas di blog. Ups, saya melewati bagian sup pembuka.

Sup pertama adalah sup wortel. Ini berisikan wortel berbumbu yang diperas hingga menjadi sari wortel. Saya sudah mencoba sebelumnya dan rasanya hanya wortel saja. Saya hanya menambahkan sedikit daun koriander. Pandangan saya beralih ke sup sebelahnya, sup minestrone.

Apa itu?

Sup wortel.

Saya pun mengambilnya di mangkuk. Rupanya isian sup beragam. Saya suka, ini seperti sup sayur di Indonesia. Ada wortel, buncis, tomat, seledri, kacang merah dan bawang bombay. Namun ada yang berbeda, yakni pasta. Bentuknya sebesar spaghetti hanya saja tidak panjang, bentuknya patah-patah. Biasanya sup minestrone memang ditempatkan sebagai makanan pembuka dalam gala dinner.

Sup minestrone kesempatan lain saat dinner di restoran Italia di Mesir.

Sup sayuran memang sudah menjadi hal lumrah sebagai makanan nusantara yang saya kenal sejak saya masih kecil. Bumbunya pun sederhana, hanya bawang putih, merica dan kaldu sayur. Rasanya sudah nikmat menurut saya.

Namun bagimana rasa sup minestrone asal Italia?

Semakin lengkap saya mencoba sup minestrone kedua kalinya saat suami mengajak saya makan malam di restoran Italia di Mesir. Isian sup minestrone pun tetap sama. Begitu pun rasanya.

Di Jerman, sup minestrone lebih besar porsinya dan isian pastanya lebih bervariasi. Sayurannya pun bervariasi dan lebih banyak. Kuahnya pun lebih kental. Bahkan ada juga nasi yang dimasukkan dalam sup, menggantikan pasta.

Nama minestrone sendiri diartikan sebagai sayuran. Jelaslah bahwa sup ini berisikan sayuran yang beraneka ragam dan kaya nutrisi. Sup ini sudah ada sejak abad 19. Namun tidak ada yang menjamin bagaimana resepnya karena semua tergantung pembuatnya. Rasa sup yang hangat sudah cukup enak dengan kaldu sayur.

Pendapat lain mengatakan kita bisa juga menambahkan daging yang dipotong kecil-kecil. Atau anda bisa memasukkan suwiran daging ayam sesuai selera anda.

Tertarik mencobanya?