Mesir (11): Kenali 6 Jenis Teh yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Tiap negara punya tradisi sendiri tentang budaya minum teh, termasuk Mesir yang berada di benua Afrika. Sebagamana yang pernah saya bahas tentang kebiasaan orang Mesir memberi suguhan minuman teh saat tamu datang. Mereka umumnya memberi teh karkadeh yang warnanya merah. Cerita saya bisa dicek di link ini.

Ternyata Mesir punya ragam teh yang patut anda ketahui. Teh sendiri saya temukan di pasar tradisional yang masih alami diracik. Dan di situ saya jadi paham bahwa ada jenis-jenis teh yang biasa dinikmati masyarakat Mesir umumnya.

1. Teh Karkadeh

Saya pernah mengulas sebelumnya tentang teh merah ini. Teh karkadeh disebut juga hibiscus tea yang ditemukan di Indonesia, biasa disebut teh rosella. Dinamakan Rosella karena berasal dari tanaman roselle, yang juga disebut hibiscus sabdariffa. Bisa jadi warna merah dihasilkan dari warna tanaman roselle sendiri yang sudah berwarna merah

Teh karkadeh disuguhi pada tamu oleh warga lokal sebagai penghormatan pada tamu yang datang. Bila dilihat, teh karkadeh warnanya seperti merah sirup atau merah darah. Teh bisa diminum dengan atau tanpa gula, sesuai selera anda. Bahkan anda bisa memesan teh karkadeh dalam rasa yang dingin mengingat suhu di Mesir yang luar biasa panas.

Saya sendiri tidak terlalu suka dengan rasa teh karkadeh. Karena umumnya saya suka teh selera Asia, seperti teh di Indonesia. Teh karkadeh bisa dijumpai di warung-warung makan di sekitar Mesir bagian selatan. Bahkan mereka menyebut teh rosella disajikan saat ada perayaan istimewa seperti pernikahan. Boleh dibilang jika anda datang ke Mesir, anda harus mencoba teh ini agar datang kembali.

2. Teh Badui

Badui adalah salah satu suku paling minoritas di Mesir. Tentang suku ini akan saya ceritakan terpisah. Teh badui biasa disajikan oleh warga Badui sendiri. Orang Badui yang ramah akan menyajikannya untuk anda, jika anda singgah dan berbaur bersama mereka. Saya sendiri tidak begitu detil melihat teh badui ini. Teh mereka semacam perpaduan tanaman liar kering, kapulaga, kulit kayu manis, daun teh hitam dan sedikit gula atau susu. Dimasak di atas bara api selama sepuluh menit sebelum disajikan.

3. Teh Kuning

Semula saya berpikir bahwa teh hanya dihasilkan di daerah musim dingin saja. Saya salah ternyata. Meski Mesir memiliki suhu yang terik dan hangat sepanjang tahun, ternyata Mesir juga bisa menghasilkan teh juga. Jika teh yang selama ini saya kenal berasal dari daun untuk menjadi teh, maka teh kuning dari Mesir berasal dari biji tanaman.

Biji tanaman ini berasal dari tanaman shambala yang tumbuh di daerah seperti Mesir. Tanaman ini banyak digunakan untuk pengobatan sehingga jika dihasilkan sebagai teh baik juga untuk kesehatan tubuh. Bahkan studi menunjukkan teh kuning dari Mesir dipercaya bisa menjadi obat, mempercepat proses penyembuhan hingga menurunkan berat badan. Wow!

4. Teh Doum

Teh berikutnya saya pikir hanya ditemukan di Mesir dan daerah padang pasir. Teh doum ini berasal dari tanaman sawit, yang juga disebut the doum palm fruit. Tanaman ini disebut sebagai salah satu tanaman paling berguna di dunia. Mulai dari akar, buah, batang hingga daunnya bisa dimanfaatkan manusia. Untuk teh sendiri, diambil dari buah pohon ini. Menurut studi, teh ini diyakini mengandung anti inflamasi, anti oksidan dan anti mikroba.

5. Teh Chamomile

Di Jerman teh chamomile bukan hal baru. Saya dengan mudah mendapatkan teh chamomile ini karena tanaman seperti bunga matahari banyak tumbuh di sini. Teh chamomile dipercaya dapat mengurangi risiko diabetes. Teh chamomile bisa menjadi pilihan relaksasi bila saya jenuh beraktivitas seharian.

Di Mesir teh chamomile juga mudah diperoleh karena tanaman chamomile tumbuh subur di lembah sungai nil. Warna teh chamomile biasanya kuning ringan. Minum selagi hangat, teh ini memberi efek menenangkan terutama bila anda kecapekan, kurang tidur atau bermasalah pada pencernaan.

6. Teh Mint

Terakhir adalah teh mint. Manfaat teh mint sudah pernah saya bahas di link ini. Teh mint ini begitu mudah didapat di Mesir. Selesai kami melakukan perjalanan trip di luar, kami mendapatkan secangkir teh mint. Ketika di Mesir suhunya sangat terik, kami minum teh mint yang hangat, ternyata itu sangat baik untuk tubuh. Sesekali suhu udara menyengat, silahkan coba teh mint!

Apa jenis teh yang anda sukai?

Advertisements

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.