Makanan Khas Timur Tengah (9): Seviyan Vermicelli Milk Pudding, Alternatif Sarapan Lagi

Bentuknya seperti lidi yang halus.

Menjelajahi Mesir yang kaya kuliner membuat saya mengenal aneka pudding yang selama ini tak banyak saya ketahui. Salah satunya adalah Seviyaan yang beberapa kesempatan disajikan sebagai alternatif sarapan saat kami bermalam di Mesir. Sebagai petualang rasa kuliner, saya tidak ingin melewati kesempatan untuk mencicipinya. Dan ternyata enak juga loh, setiap kali dihidangkan saya ambil lagi semangkuk. Cukup mengenyangkan untuk porsi makan ukuran saya.

Selain rice pudding yang pernah saya jumpai di Mesir, ternyata ada lagi pudding yang terbuat dari pasta. Pasta ini bentuknya seperti bihun tetapi lebih tebal dan lebih pendek. Jika dibayangkan, ini seperti lidi mungkin. Rasa pasta juga lebih halus dan lembut. Sedangkan seviyaan sendiri dengan santan terasa manis. Ya, boleh digolongkan seperti pudding.

Husein menuliskannya dalam bahasa Arab.

Karena saya penasaran, saya panggil Husein yang setia melayani kami di restoran. Seperti biasa, dia menjelaskan dengan ramah kuliner yang saya maksudkan. Namanya adalah seviyaan, yang dituliskan di serbet makan saya dalam bahasa Arab. Begitulah saya. Ini seperti saya pernah menikmati kuliner di Shenzhen, Tiongkok dan meminta resepsionis hotel untuk menuliskan namanya dalam huruf aksara bukan latin.

Dengan kuah susu yang enak dan manis.

Husein yang baik hati menjelaskan bagaimana pembuatannya. Semula saya pikir kuahnya yang berwarna putih dan berasa manis adalah santan kelapa. Ternyata ini adalah susu. Sedangkan seviyaan yang seperti pasta ini harus sudah masak sebelumnya. Kemudian bahan lain adalah kapulaga dan gula putih serta bubuk dalam bahasa Arab sebagai pelengkap. Saya lupa namanya.

Cara membuatnya mudah. Masukkan secangkir susu di dalam panci. Setelah panas, masukkan seviyaan yang sudah masak dan dipotong-potong terlebih dulu. Seviyaan yang pendek lebih mudah ditangani dan dimakan. Sementara dimasak, tambahkan gula putih dan kapulaga sesuai selera. Anda harus mengaduk-aduk agar susu tidak pecah.

Anda bisa menikmati setelah seviyaan pudding dingin, bisa untuk alternatif sarapan loh. Hmmm, enak!

Advertisements

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

One thought on “Makanan Khas Timur Tengah (9): Seviyan Vermicelli Milk Pudding, Alternatif Sarapan Lagi”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.