Makanan Khas Timur Tengah (10): Konafa, Hawawashi dan Falafel yang Dinikmati di Mesir

Falafel juga saya temukan di Mesir.

Setelah saya membahas kue khas Timur Tengah di link tersebut, kali ini saya ceritakan tiga kuliner lainnya yang saya nikmati di Mesir. Tiga makanan khas ini ada yang sudah umum saya ketahui di Jerman dan saya pun pernah menuliskannya di link ini. Ya, Falafel bukan hal baru di Jerman karena saya kerap mendapatinya di imbiss makanan orientalis.

Tiga kuliner berikut disajikan secara prasmanan dalam acara makan siang atau makan malam di Mesir. Anda bisa jadi tergoda bila anda suka makanan khas Timur Tengah.

1. Konafa/Kanafeh

Konafa adalah nama makanan yang tertera di atas meja prasmanan. Untuk visualisasi, koki hotel telah membuat konafa yang sudah matang, diletakkan sebagai sampel. Konafa adalah makanan timur tengah yang juga kadang disebut kanafeh dalam bahasa Arab. Namun begitu, kenalan asal Yunani menyebut nama kanafeh menjadi kataifi. Menurut saya, kanafa itu seperti kue rambut yang manis.

Jika di Jerman, kami terbiasa makan cokelat yang manis dan enak maka di Mesir, mereka menyajikan kue-kue manis untuk disajikan sebagai pencuci mulut. Konafa adalah salah satunya. Konafa juga bisa disiram sirup yang manis biasa disajikan saat bulan Ramadhan, kala para muslim merayakan bulan yang suci. Ada yang mengatakan konafa wajib dihidangkan di hari pertama berbuka puasa.

2. Hawawashi

Sayangnya saya tidak mencoba hawawashi mengingat perut saya sudah kenyang. Saya tidak menyadari bahwa gambar yang saya ambil pun tak menarik. Hawawashi begitu nama tertulis di meja prasmanan. Jika dipikir ini seperti pizza, yakni roti yang dipanggang. Namun ternyata saya salah. Saya menyesal juga tidak mencoba makan hawawashi.

Hawawashi adalah roti pitta yang banyak disajikan untuk donner lalu diberi isian daging, petterselli, bawang dan paprika iris kemudian dipanggang di oven. Hawawashi termasuk makanan wajib dinikmati di Mesir. Asal makanan ini dari kota Aleksandria yang dibuat pertama kali oleh Ahmed al-Hawawash, seorang tukang daging.

3. Falafel

Selanjutnya falafel yang tentu sudah menjadi hal umum di Jerman. Falafel disajikan di restoran orientalis hingga imbiss yang memasukkan falafel menjadi donner vegan atau vegetaris. Falafel menggantikan daging yang menjadi isian donner. Falafel sudah menjadi ciri khas makanan timur tengah, yang kerap disajikan seperti nasi dan roti, contohnya di link ini.

Sudah cukup saya bagikan pada anda, kira-kira apakah anda pernah mencicipinya?

Advertisements

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.