Museum Anjing Dachshund di Passau: Dari Pablo Picaso, Olympiade Munich 1972 Hingga Segalanya Tentang Dackel

Museum tampak depan.
Ini koleksi anjing dackel yang menggemaskan.

Anjing ini menggemaskan karena kakinya pendek tetapi badannya panjang.

Koleksi anjing dackel yang tampak mewah.

Dackel berbalut emas.

Saya mengenal aneka jenis anjing sebagai binatang peliharaan sejak hijrah ke Jerman. Untuk memelihara anjing di sini itu tidak mudah, sebagaimana yang pernah saya ceritakan di artikel ini sebelumnya. Karena begitu besar tanggung jawabnya, saya belum berani memelihara anjing di rumah. Meski saya tahu bahwa punya binatang peliharaan bisa memicu kebahagiaan.

Jika anda pecinta binatang, bahkan menyukai anjing yang menggemaskan maka anda perlu datang ke museum anjing di kota Passau, Jerman. Museum ini lebih spesifik pada jenis anjing Dachshund, atau di Jerman anjing ini lebih dikenal dengan sebutan Dackels atau Teckels juga. Namun di Bavaria lebih sering mengenal jenis anjing ini dengan sebutan dackel. Anjing jenis ini biasa menjadi hewan peliharaan di Jerman. Jika menelisik riwayatnya, anjing jenis ini berasal dari Jerman.

Begitu dicintainya anjing dackel ini sehingga hewan ini terpilih sebagai maskot penyelenggaraan olahraga terbesar di dunia. Pada tahun 1972, di München berlangsung olimpiade yang mengusung maskot Anjing dackel. Nah, di museum ini anda bisa melihat pernak-pernik sovenir yang mengusung maskot anjing dackel pada saat penyelenggaraan akbar kompetisi olahraga sejagat itu.

Di Bavaria sendiri pada jaman dulu, anjing dackel dianggap sebagai hewan yang biasa dibawa saat berburu musang dan hewan sejenisnya yang merusak hasil ladang. Dackel dianggap sebagai hewan yang tak pernah membuat kesalahan untuk menangkap hasil buruan. Dia mengendus dengan baik. Ukurannya tak sebesar anjing umumnya, kakinya pendek tetapi badannya panjang. Warna bulunya kadang cokelat, hitam atau campuran keduanya. Seperti miniatur, anjing ini lincah dan memang terlihat menggemaskan.

Di museum yang terletak di Alstadt kota Passau Jerman, museum deckel menjadi salah satu incaran turis yang datang. Tingkah pola dackel yang lucu dan menyenangkan telah membuat siapa saja yang datang jatuh hati pada aneka koleksi yang disimpan di museum ini. Pendirinya memang tertarik dengan anjing dackel. Dia telah mengumpulkan koleksi tentang dackel sejak puluhan tahun. Meski lokasi museum tak besar, tetapi ada sekitar dua ribuan koleksi tentang dackel di sini.

Tokoh dunia dengan anjing dackel.
Dackel sebagai maskot olimpiade tahun 1972 di Munich, Jerman.

Dackel di Bavaria, Jerman.

Diawali dengan tokoh dunia Pablo Picaso yang ternyata dackel lover hingga tokoh dunia lainnya. Sebut saja Ratu Elizabeth II, John F Kennedy, Marilyn Monroe, Albert Einstein hingga John Wayne adalah para tokoh dunia yang berfoto bersama dackel. Anda bisa lihat dokumentasinya di sini. Lalu beranjak ke dalam, ada dackel yang dibalut emas dalam satu kotak kaca. Anda bisa menemukan pernak-pernik dackel yang dijadikan maskot olimpiade di Munich tahun 1972.

Begitu seterusnya, koleksi sovenir tentang dackel tersimpan rapi dalam museum ini. Mulai hal yang lucu, unik dan menggemaskan hingga informasi bersejarah yang melibatkan dackel di dalamnya. Di sini pengunjung juga bisa melihat bagaimana anjing dackel di USA dikaitkan dengan hot dog, makanan favorit di sana.

Anda perlu tahu bahwa museum yang baru dibuka sejak tahun 2018 ini telah berhasil menyedot perhatian masyarakat dunia pecinta anjing atau anjing dackel. Karena ini adalah museum dackel pertama di dunia. Wow!

Bagi pencinta anjing, terutama anjing dackel perlu berkunjung ke sini. Aneka aksesoris, perlengkapan rumah tangga hingga keperluan pribadi yang diberi lambang dackel benar-benar menggemaskan. Anda bisa membelinya di depan, sebelum memasuki museum.

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]