2 Kreasi Daging Ayam Masakan Western Berikut Bisa Jadi Ide Anda

Apa yang anda bayangkan jika anda ingin makan dengan daging ayam? Mungkin itu adalah nasi dan ayam panggang atau menu bubur ayam. Ada banyak menu dengan daging ayam mulai dari mie ayam, sup ayam hingga ayam geprek. Semua memakai daging ayam. Tetapi bagaimana jika anda menemukan daging ayam yang dimasak secara western?

Berikut ini adalah dua kreasi daging ayam yang bisa membuat anda tidak bosan mengunyah daging ayam. Apalagi menu daging ayam berikut disajikan dengan gaya western yang saya temukan di sini, benua biru. Ada restoran khusus yang menyajikan aneka menu dari daging ayam. Saya dan suami mencoba kedua menu daging ayam tersebut.

Ayam panggang dan kentang goreng.

Pertama, Ayam Panggang dan Kentang Goreng

Apa yang anda bayangkan jika mendapati ayam panggang? Tentu pikiran anda seperti yang saya bayangkan. Ayam panggang, nasi panas, sambal dan lalapan. Tetapi tidak untuk makanan western. Ayam panggang pun terasa sederhana, tidak kaya rempah seperti umumnya makanan nusantara.

Menu ini tertulis ‘Hans im Glück’ yang diperuntukkan untuk anak-anak. Sengaja saya memilih menu anak-anak karena saya ingin makan dalam porsi tak besar. Jika anda tak ingin makan dalam porsi besar di sini, anda bisa memilih menu untuk anak-anak atau menu untuk para senior, orang lanjut usia. Ini hanya sekedar saran agar anda tidak meninggalkan sisa makanan.

Menu ini terdiri atas kentang goreng dan ayam yang dipanggang dengan rasa sederhana. Ada rasa asin dan gurih pada ayam. Dagingnya pun empuk dan enak untuk dikunyah. Ini bisa jadi salah satu kreasi untuk anak anda misalnya. Agar menarik, anda bisa hias sekitar piring dengan sayuran rebus yang dihias.

Kedua, Cordon Bleu dan Rösti

Cordon bleu dan rösti.

Selanjutnya adalah menu pilihan suami saya. Baik cordon bleu maupun rösti sudah saya ulas sebelumnya, sehingga anda bisa menyimaknya. Makanan ini bisa menjadi kreasi anda yang ingin taste daging ayam dengan rasa western.

Cordon bleu ini hampir mirip dengan schnitzel, makanan murah meriah di seluruh Jerman. Bedanya, schnitzel hanya terdiri satu pipih daging fillet sedangkan cordon bleu terdiri atas dua potong daging pipih dengan keju cheddar di antara keduanya. Cara mudah lainnya, anda bisa pilih daging tanpa lemak tentunya. Potong agak tebal lalu belah di tengah agar bisa disisipkan keju di antara dua daging.

Baik schnitzel maupun cordon bleu diolah mirip, yakni dibungkus dengan tepung dua kali, terakhir dengan tepung roti. Lalu digoreng dalam minyak panas hingga kuning keemasan. Setelah masak, anda akan melihat lelehan keju di antara daging.

Sedangkan rösti ini adalah kentang yang sudah direbus terlebih dulu kemudian digoreng. Anda bisa memasaknya dengan memberi rasa seperti irisan bawang bombay, telur orak arik dan garam. Jika tidak, cukup kentang rebus yang kemudian digoreng hingga masak. Itu sudah cukup.

Selamat mencoba!

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.