Bangga, Orang Indonesia Dapat BAMBI Award untuk Kategori “Our Earth” di Ajang Penghargaan Media Jerman

Dr. Willie Smits, pendiri Yayasan BOS Indonesia.
Penghargaan untuk Dr. Willie Smits atas dedikasinya pada kelangsungan orangutan.

Melati Wijsen memberikan pengantar singkat sebelum Dr. Willie Smits tampil ke panggung.

Jumat lalu (21/11) saya menyaksikan siaran televisi yang menggelar ajang penghargaan media bergengsi seantero Jerman. Sejujurnya saya jarang menonton televisi, namun ini seperti mendorong saya untuk bertahan menyaksikan acara ini hingga selesai karena ada orang Indonesia yang mendapatkan penghargaan ini. Penghargaan untuk kategori ‘Unsere Erde’ atau Our Earth tahun 2019 jatuh kepada Dr. Willie Smits. Saya terharu dan bangga menyaksikannya.

Dr. Willie Smits bukanlah orang baru dalam dunia NGO. Dia adalah pendiri yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS). Organisasi yang mendedikasikan pada konservasi dan kesejahteraan orangutan yang terancam punah di Kalimatan. Aktivitas organisasi yang dimulai sejak tahun 1991 telah mengambil simpati banyak orang seperti pemerhati lingkungan, pecinta hewan dan mereka yang peduli pada kelangsungan bumi ini, melalui pemberdayaan dan edukasi kepada masyarakat sekitar untuk melestarikan alam dan kelangsungan hidup orangutan.

Dr. Willie Smits bisa berbicara bahasa Jerman dengan baik saat menerima penghargaan tersebut. Pria kelahiran Belanda ini, telah menaruh hati pada tanah Indonesia. Dia pun sudah menjadi warga negara Indonesia dan tinggal di Indonesia demi kecintaannya pada aktivitas yang ditekuni selama ini. Saat saya melihatnya maju dan menerima penghargaan, ada sebersit kalimat ‘Terimakasih’ terucap dalam bahasa Indonesia, yang membuat saya tergetar bahagia.

BAMBI Award adalah ajang penghargaan media tertua di Jerman. Tidak hanya public figure yang berseliweran di layar kaca saja yang mendapatkan penghargaan, tetapi BAMBI award juga memberikan kepada mereka yang berjasa dalam bidang olahraga, seni, media bahkan lingkungan hidup (: baca bumi). BAMBI Award adalah ajang penghargaan bergengsi di Jerman yang digelar rutin tiap tahun sejak tahun 1948. Di tahun ini saja BAMBI Award untuk kategori Aktris Internasional jatuh pada Naomi Watts, yang terbukti piawai dalam memainkan aneka film yang diperankannya. Kategori lain seperti ‘Charity‘ jatuh kepada Ratu Mathilde dari Belgia.

Rupanya tak hanya Dr. Willie Smits yang mendapatkan kategori ‘Our Earth’ dari Indonesia saja, ada Melati dan Isabel Wijsen yang menginisiasi gerakan ‘Selamat Tinggal Tas Plastik’ yang dirilis di Bali. Mereka berdua mendapatkan kategori yang sama ‘Unsere Erde’ BAMBI Award di tahun 2017. Melati sendiri tampil memukau menyampaikan pengantar kepada audience yang hadir pada malam penghargaan BAMBI Award 2019 dalam bahasa Inggris, untuk kategori ‘Our Earth’ sebelum Dr. Willie Smits tampil ke atas panggung. Dia menyampaikan juga dalam bahasa Indonesia apresiasi kepada Dr. Willie Smits atas dedikasinya selama ini. Dan saya pun menjadi terharu, betapa mereka telah mengharumkan nama Indonesia lagi di mata dunia.

Ketika kita masih sibuk dengan identitas ‘Siapa orang Indonesia?’, mereka yang mendapatkan penghargaan ini telah menyatakan diri atas apa yang mereka perbuat untuk negara Indonesia. Selamat kepada Dr. Willie Smits, Isabel dan Melati Wijsen atas pelayanan yang dilakukan untuk kelestarian bumi.

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

One thought on “Bangga, Orang Indonesia Dapat BAMBI Award untuk Kategori “Our Earth” di Ajang Penghargaan Media Jerman”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.