Makanan Khas Timur Tengah (11): Couscous, Semacam Pasta dari Beras

Couscous dalam tampilan bisa jadi pengganti nasi.

Couscous terlihat tidak asing lagi buat saya saat saya menyambangi buffet makan siang dan makan malam sewaktu kami berlibur di Mesir. Pasalnya couscous ini ada juga di supermarket di Jerman yang dijual bersamaan dengan salad dan pasta yang sudah matang. Namun jujur saya belum pernah mencicipinya, seperti apa rasanya?

Makanan yang satu ini bisa dikatakan semacam pasta dari Timur Tengah. Begitu pendapat sebagian orang. Makan couscous dengan berbagai hidangan sudah terasa kenyang. Pasalnya couscous ini terbuat dari beras namun ada juga yang terbuat dari tepung semolina. Tepung semolina ini yang saya tahu bisa untuk membuat hidangan kue-kue dari Timur Tengah yang pernah saya cicipi. Tepung semolina ini terbuat dari biji gandum yang cocok untuk roti, pasta dan couscous untuk makanan khas Timur Tengah.

Jika dilihat lebih dekat, couscous itu tampak seperti biji-biji halus yang dikukus. Itu sebab couscous merujuk pada sejenis pasta seperti makanan Italia atau nudeln pada makanan Jerman. Couscous biasa menjadi side dishes untuk mereka yang berasal dari Timur Tengah, seperti Mesir. Tetapi seiring berjalannya waktu, couscous juga mudah ditemukan di benua biru seperti Jerman.

Untuk anda yang suka berkreasi makanan, couscous ini bisa menjadi alternatif makanan loh. Ini adalah alternatif yang populer selain nasi dan pasta. Couscous memang berasa tawar, tetapi teksturnya yang halus dan lembut menyebabkan couscous bisa menyerap pada aneka makanan. Anda bisa mengkombinasikan dengan sayuran dan daging rempah yang kaya bumbu pun sudah terasa enak.

Couscous tersedia di meja buffet saat prasmanan makan siang dan makan malam.

Untuk memasak couscous pun mudah. Anda bisa merendamnya terlebih dulu selama 10 menit. Ada yang memberikan campuran seperti kaldu, minyak dan air atau rempah yang membuatnya terada lezat. Setelah couscous direndam maka dia akan tampak mengembang. Anda bisa menambahkan sesuai selera anda. Misal couscous sebagai salad maka saya bisa tambahkan irisan daun peterseli, radieschen dan irisan tomat. Tambahkan sedikit garam dan perasan jeruk nipis. Dijamin ini adalah makanan yang kaya nutrisi.

Semoga anda terinspirasi untuk mencobanya di rumah. Barangkali ini bisa menjadi alternatif bila bosan makan nasi, pasta atau roti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.