Kreasi Sendiri (34): Ini Rahasia Mie Ayam Indonesia yang Enak

Mie ayam buatan sendiri.

Menikmati bakmi ayam bisa menjadi pilihan tepat ketika cuaca di sini memang sedang menuju musim winter. Jika saya sedang berada di Jakarta, tentu mudah membelinya dimana saja. Namun kerinduan saya makan mie ayam membuat saya ingin mencoba membuatnya sendiri di sini.

Kadang disebut juga bakmi ayam yang menurut orang Tiongkok, ini benar-benar lezat.

Mengapa mie ayam ini enak?

Ada beberapa alasan yang menyebut mie ayam nusantara itu enak. Ini bukan soal micin atau kandungan msg yang di dalam racikan bumbunya. Pertama, potongan daging ayam yang dicacah dan diberi bumbu itu membuat nikmat para noodle lovers. Mie sendiri pada dasarnya berasa tawar, justru dengan topping potongan daging ayam halus yang diberi rempah-rempah justru memberi nikmat tersendiri. Coba deh anda makan mie saja, tanpa potongan topping potongan daging ayam berbumbu tadi! Tak enak ‘kan?

Kedua, proses menumis potongan daging ayam yang butuh waktu lama hingga benar-benar masak. Ternyata memasak potongan daging ayam itu waktunya hanya tak sebentar saja loh. Karena rasa daging ayam sudah cukup masak. Namun anda perlu membuat bumbu meresap lebih lama dengan membiarkannya dalam api kecil sehingga potongan daging ayam itu benar-benar berwarna kuning keemasan yang cantik. Itu alasan kedua mie ayam nusantara itu benar-benar enak.

Ketiga, mie ayam itu enak ketika diberi kuah minyak sisa dari rendaman potongan daging ayam yang menjadi topping. Awalnya saya bingung bagaimana membuat mie yang biasa dijual di Jakarta sebagai street foods karena ada minyak berbumbu yang biasa dicampurkan dalam semangkuk mie yang dipesan. Akhirnya saya praktik membuat minyak berbumbu dari hasil racikan memasak topping daging ayam. Hasilnya, ini membuat enak.

Resep membuat topping daging ayam yakni menghaluskan bumbu-bumbu. Terdiri atas bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, lada dan garam. Setelah bumbu halus, tumis dengan banyak minyak agar nanti bisa digunakan untuk minyak berbumbu pada mie ayam. Tumis bumbu halus, tambahkan sereh, daun salam, daun jeruk dan sedikit kaldu ayam. Biarkan masak sebentar dalam api kecil.

Resep ini juga bisa dikreasikan menjadi bihun ayam, yang disesuaikan dengan selera anda.

Di lain waktu, saya kreasikan juga topping bakmie ayam menjadi bihun ayam. Bihun yang terbuat dari beras juga cukup mengenyangkan. Bukan tidak mungkin, ini bisa menjadi salah satu pilihan buat anda sekeluarga ketimbang jajan di luar rumah.

Selamat mencoba di rumah!

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

One thought on “Kreasi Sendiri (34): Ini Rahasia Mie Ayam Indonesia yang Enak”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.