Makanan Khas Asia (57): Sate Asal Vietnam Pakai Saus Kacang Beda Rasa dengan Sate yang Saya Kenal

Sate Ayam yang dibuat di restoran Vietnam.

Apa pun makanan yang diberi saus kacang dan berasa pedas, disebutnya sate. Entah mengapa muncul istilah sate yang memang berbeda dari sate yang umum dan menjadi kuliner nusantara. Sate yang saya ulas kali ini berasal dari Vietnam. Saya menjadi penasaran untuk mencobanya, meski ini berbeda dari sate yang saya kenal. Tetapi saya menyukai rasanya yang sungguh lezat sekali.

Sesungguhnya saya tidak bisa mengklaim bahwa makanan yang disebut satay atau sate itu hanya berasal dari Indonesia. Nyatanya makanan yang disebut sate yang saya nikmati ini hanya karena diberi bumbu kacang. Itu sama seperti sate sebagai makanan nusantara yang kita kenal. Hanya saja ada rasa saus yang berbeda antara bumbu kacang sate yang menjadi makanan nusantara dengan saus kacang yang dipakai pada makanan Vietnam.

Sate khas Vietnam dengan saus kacang ini sungguh enak.

Umumnya sate makanan nusantara tidak hanya berbumbu kacang saja. Menurut saya, kita menyebutnya sate ketika makanan itu dipanggang di atas bara api. Saus sate memang umumnya adalah saus kacang, tetapi tidak wajib. Bahkan saya paling suka makan sate dengan saus kecap manis, irisan cabai dan potongan bawang merah saja. Atau saya juga suka makan sate khas maranggi yang diberi saus sambal yang dihaluskan kasar. Itu hanya untuk membuktikan bahwa sate asal Indonesia tidak melulu bersaus kacang untuk menikmatinya.

Saya ambil contoh bumbu sate madura yang juga punya sate terenak dengan saus kacangnya. Ada kacang tanah, cabai, bawang merah, kemiri, kecap manis dan gula merah yang dihaluskan bersamaan. Sebelum dihaluskan, kacang tanah terlebih dulu disangrai dengan sedikit minyak. Setelah mendapatkan saus kacang yang dihaluskan, saus tersebut dicairkan dengan sedikit air panas. Dengan begitu, sate yang terdiri tusuk daging yang sudah dipanggang dapat dinikmati dengan saus kacangnya.

Tunggu, bagaimana dengan sate asal Vietnam?

Satenya sudah jelas berbeda dimana potongan dagingnya tidak dipanggang seperti sate khas nusantara. Tetapi kita berbicara tentang saus kacangnya yang enak pada sate asal Vietnam.

Bumbu sate berasal dari peanut butter yang mudah saya peroleh di toko asia di Jerman. Peanut butter juga saya pergunakan untuk saus kacang pada somay buatan saya. Bagaimanapun saya pikir peanut butter itu terkesan praktis dan simple tanpa menggoreng, menumbuk dan menghaluskan terlebih dulu.

Untuk mendapatkan saus sate terdiri atas peanut butter, saus hoisin yang sedikit pedas dan beri pasta bawang putih. Agar tambah enak, bisa juga diberi irisan bawang bombay. Percaya deh saus kacang pada sate asal Vietnam ini benar-benar menggoda rasanya. Penasaran ‘kan?

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]