Mesir (22): Nefertiti, Wanita Tercantik yang pernah Ada Tetapi Tidak Banyak Dikenal

Patung wajah Nefertiti yang saya temukan di kapal wisata di Luxor.
Dari jauh, saya menemukannya di Museum Nasional di Kairo.

Siapa yang tercantik menurut anda, Nefertiti atau Cleopatra?

Begitu pertanyaan tersebut meluncur dari salah seorang turis yang bersama kami dalam rombongan. Saya pun tidak tahu jawabannya. Jujur saya baru sekarang mengetahui Nefertiti, sedangkan Cleopatra sudah lebih dulu saya kenal melalui berbagai tayangan hiburan atau buku bacaan. Saya baru mengetahui tokoh Mesir bernama Nefertiti saat saya menjejakkan kaki di Mesir. Sejarah negeri ini memang tak habis dikupas. Saya masih berlanjut dengan tokoh berpengaruh tercantik yang pernah ada sebelum masehi, bernama Nefertiti.

Nefertiti sendiri namanya mengandung arti sebagai “Perempuan Tercantik yang Telah Datang” begitu orangtuanya memberi nama padanya. Kecantikannya membuat Nefertiti terkenal dunia dan hingga sekarang Nefertiti dikenal sebagai icon kecantikan perempuan. Padahal Nefertiti berkuasa sekitar abad 14 Sebelum Masehi, jauh sebelum kehadiran Cleopatra yang dikenal banyak orang, termasuk saya. Saya hanya mengenal Cleopatra saja sebagai wanita tercantik yang pernah ada dari Mesir. Padahal Nefertiti itu jauh lebih cantik dari Cleopatra. Ini tampak dari tulang wajahnya yang simetris. Lehernya yang jenjang dan kulitnya cokelat menawan begitu mempesona siapa saja pada jaman itu.

Nefertiti adalah permaisuri dari Firaun Akhenaten, dinasti ke-18. Akhenaten dikenal sebagai Firaun yang memunculkan keyakinan monoteisme, yakni menyembah hanya pada satu dewa, Athen. Tidak ada dewa-dewa lain yang lebih tinggi selain dewa Athen. Dewa Athen digambarkan dengan sinarnya bercahaya seperti matahari. Ini yang kemudian memunculkan aliran Athenisme. Sayangnya Akhenaten tak lama berkuasa, yang kemudian digantikan Nefertiti.

Wajah Nefertiti yang icon itu jika diperhatikan ada yang janggal. Pada salah satu matanya, tampak tidak normal. Nefertiti digambarkan punya mata yang indah yang dihiasi eye liner hitam di kedua matanya, hanya saja satu matanya tak berfungsi baik. Ini bisa dilihat di perangko 0,70€ yang memunculkan wajah Nefertiti yang dikeluarkan pemerintah Jerman tahun 1989 dan berbagai patung wajah Nefertiti lainnya. Nefertiti kehilangan mata kirinya karena infeksi. Meski begitu, orang tetap memandang dia sebagai wanita tercantik ketimbang ratu lain.

Dibandingkan Cleopatra, banyak orang lebih mengagumi Nefertiti. Karena Nefertiti merupakan orang asli keturunan Mesir, sedangkan Cleopatra sesungguhnya bukan orang Mesir. Nefertiti dilahirkan di Thebes, yang sekarang disebut Luxor. Nefertiti dikenal karena kecantikannya sedangkan Cleopatra dikenal karena kecerdikannya. Nefertiti berkuasa sekitar abad 14 Sebelum Masehi sedangkan Cleopatra sekitar abad 30 Sebelum Masehi. Jadi saya bisa membedakan keduanya sekarang.

Di akhir hayatnya, tak banyak informasi jelas bagaimana Nefertiti itu meninggal. Ada rumor yang menyebut dia dibunuh, tetapi ada yang mengatakan dia sakit. Mereka masih menyimpan rekam medis Nefertiti pada masa itu bersama sang suaminya, yang adalah Firaun. Begitu pun mengenai kuburan dan muminya. Ada yang mengatakan sampai sekarang belum ditemukan muminya, tetapi ada yang mengatakan muminya disimpan secara rahasia dibalik makam Firaun lainnya.

Satu hal penting yang saya pelajari dari informasi Nefertiti adalah bahwa kecantikan itu relatif. Objektivitas ukuran kecantikan pun tidak bisa disamaratakan untuk tiap jaman. Wajah lebih jelas Nefertiti bisa anda cari sendiri via internet.

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

2 thoughts on “Mesir (22): Nefertiti, Wanita Tercantik yang pernah Ada Tetapi Tidak Banyak Dikenal”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.