Papadum atau papad terkadang dijadikan menu pembuka di restoran India.
Roti ini enak, renyah dan mengeyangkan.

Sebelum menjelaskan roti dari India, saya ingatkan lagi tentang aneka roti yang saya jumpai di Mesir. Salah satu dari roti yang saya sukai ini, saya tidak mendapatkan jawaban, apa nama roti tersebut. Roti datar, panggang, renyah dan juga ada rasa pedas ini bisa dikatakan mirip dengan roti papadum asal India. Bisa jadi migrasi penduduk antar bangsa dahulu memberikan pengaruh kuliner pada dua bangsa tersebut. Meski sedikit mirip, tetapi roti papadum ini berbeda. Apa perbedaannya?

Silahkan simak ulasan saya selanjutnya!

Roti asal India ini bisa dijumpai dalam versi mentahnya di supermarket di Jerman. Pada bagian makanan asia, roti papadum mentah atau sebelum dipanggang bisa ditemukan. Saya mengetahui hal ini dari kenalan asal India yang juga studi bersama saya. Semula saya berpikir bahan pangan asal India sulit ditemukan, ternyata tidak juga. Salah satunya roti papadum yang dibuatkan untuk saya dan kenalan asal Spanyol.

Roti papadum ini semacam flatbread yang dipanggang sebelum disajikan. Pastinya ini tidak berminyak seperti gorengan dan rendah kalori pula. Buat saya makan roti ini sudah kenyang, tetapi bagi kenalan asal Bangladesh, Pakistan dan India biasa mengkonsumsinya sebagai cemilan atau topping makanan. Roti ini digemari tidak hanya soal rasanya saja yang sederhana, tetapi roti ini bisa jadi selingan santapan. Menurut saya, ini seperti krupuk yang biasa disantap bersama makanan utama pada makanan nusantara.

Roti papadum dalam bahasa Inggris, sedangkan di Jerman dikenal dengan sebutan papad saja. Roti ini terasa renyah, crispy dan memang menjadi nikmat sebagai selingan makanan seperti makan ayam kari atau dal makhani. Ini mengingatkan saya seperti makan krupuk saja. Namun ada juga yang menyajikan ini sebagai makanan pembuka sambil menunggu makanan utama yang dipesan di restoran khas india.

Kenalan asal Spanyol yang juga bersama kami menikmati roti papad, berpendapat papad itu seperti tortilla. Anda bisa menyantap apa saja agar terasa enak dimakan. Ada yang menikmatinya bersama sambal khas India atau yoghurt yang diberi bawang dan tomat. Benar juga, ini bisa seperti tortila.

Bila anda perhatikan terdapat biji-bijian. Ya, roti ini terbuat dari tepung beras dan kacang lentil. Pembuatan roti papad umumnya lebih dikenal sebagai home industry. Seiring dengan berbagai permintaan, roti papad pun dikenal dengan rasa pedasnya bagi pecinta makanan pedas. Makan apa pun bisa nikmat dengan tambahan roti papad sebagai selingan.

Tertarik mencoba roti papadum atau papad?