Ilustrasi.

Libur natal dan akhir tahun tinggal menghitung hari. Ini menjadi jeda menghentikan kesibukan aktivitas harian dengan rileks, berkumpul bersama keluarga hingga pergi berlibur. Bahkan liburan itu menjadi wajib dan hak karyawan untuk diambil terutama mereka yang merayakan hari raya natal. Tentu momen ini tidak bisa disia-siakan untuk memiliki liburan yang indah, apalagi mewah tetapi ramah anggaran.

Berikut saran berlibur akhir tahun agar “ramah” di kantong anda:

1. Tentukan kemana anda akan menghabiskan liburan!

Tujuan wisata itu menjadi utama karena menentukan cost untuk semua pembiayaan liburan anda. Destinasi wisata dalam atau luar negeri. Jika wisata dalam negeri, bagaimana menjangkaunya, perlukah transportasi udara, laut atau cukup jalur darat saja? Begitu pun destinasi wisata keluar negeri, tentu pertimbangan jalur udara yang memakan biaya dan waktu tempuh juga menjadi pertimbangan. Pertimbangkan bahwa libur akhir tahun adalah puncak liburan yang memungkinkan cost untuk biaya transportasi juga membengkak.

Jika anda ingin liburan mewah, tetapi tak ingin mengeluarkan biaya mahal sebaiknya anda sudah menyiapkannya dari jauh hari sehingga harga tiket jalur udara misalnya masih terjangkau. Tetapi bilamana anda ingin berwisata yang ‘wah’ mungkin anggaran transportasi dipangkas. Pilih jalur darat dengan membawa kendaraan sendiri misalnya menuju destinasi wisata dalam negeri atau destinasi wisata yang bisa dijangkau jalur darat.

2. Berapa lama anda akan berpergian?

Durasi berlibur menentukan budget liburan anda. Jika harga cost menginap dua malam tak jauh berbeda dengan harga menginap lima malam misalnya, maka mungkin anda bisa pertimbangkan lebih lama sehingga anda benar-benar puas menikmati liburan.

Buat juga itinerary apa yang bisa dilakukan selama liburan itu. Cari tahu program yang ditawarkan di kota yang jadi destinasi wisata selama anda liburan. Misalnya pada saat hari raya natal dan tahun baru di kota tersebut ada pasar rakyat, konser musik tahunan, pesta tutup tahun hingga acara lain yang biasanya digelar pemerintah setempat untuk menarik wisatawan. Carilah acara mulai dari tak berbayar hingga acara mewah yang memerlukan anggaran. Satu atau acara yang tak perlu tiket masuk, tetapi ada satu acara yang mewah seperti konser musik atau pesta tutup tahun di hotel berbintang misalnya.

3. Apa saja yang dibutuhkan selama liburan?

Anggaran makan selama liburan menjadi perhatian. Cari hotel yang memang sudah menyediakan makan pagi eksklusif. Ada juga program hotel yang kadang menyediakan paket makan malam buffet juga selama liburan, anda bisa tanyakan pada hotel perihal ini. Mengenai kuliner di lokasi wisata, pilih apa yang menjadi favorit umumnya. Satu atau dua kesempatan anda bisa makan mewah untuk dokumentasi tetapi setelah itu, anggaran makan lain bisa dihemat dengan mencari restoran dengan harga terjangkau.

Kebutuhan lain selama liburan sebaiknya tidak membeli di lokasi liburan karena anda tidak bisa memprediksi harganya. Misal anda sudah sediakan keperluan mandi, toilet dan mungkin pakaian ganti sehingga anda tak perlu membeli baju lagi. Bawa baju terbaik dan siapkan kamera saat anda menikmati makanan mewah selama liburan.

4. Lakukan pembayaran sedini mungkin sesuai kebutuhan anda!

Agar anda tidak perlu memikirkan biaya tagihan selama liburan, bayarlah semua kebutuhan sebelum pergi. Misalnya anda sudah membayar hotel menginap, reservasi tiket konser, reservasi taman hiburan dan sebagainya. Biasanya pembayaran sedini mungkin itu sering mendapatkan potongan harga. Selain itu, liburan anda itu sudah terencana dengan baik.

5. Buat tabel anggaran dan lihat anggaran yang bisa dipangkas!

Deskripisikan anggaran liburan dari hari keberangkatan hingga kepulangan. Anda perlu berwisata mewah dengan makan malam romantis di restoran yang menawarkan pemandangan indah, dengan menu 5 macam tetapi anda perlu memikirkan bahwa ada anggaran yang harus dipangkas. Misalnya hari berikut liburan diisi dengan pergi ke kota tua yang tak ada tiket masuk dan makan siang hanya dengan sandwich saja.

Aktivitas mewah lainnya misalnya anda ingin duduk di VIP untuk konser musik, maka aktivitas lain harus dikurangi untuk menghemat anggaran. Anda bisa pertimbangkan untuk tidak membeli banyak sovenir atau mencari sovenir dengan harga terjangkau. Membeli sovenir bisa kembali pada kebutuhan anda, jika itu tidak mendesak dan perlu maka anda bisa cari sovenir yang banyak tetapi harga terjangkau seperti gantungan kunci, cokelat dan sebagainya.

6. Bawa uang tunai, hindari pembayaran berhutang!

Melakukan liburan mewah sah-sah saja asalkan anda tidak perlu berhutang. Tinggalkan kartu kredit anda dan silahkan bawa uang tunai untuk mengontrol pembayaran liburan anda. Agar tak perlu bawa uang banyak, beberapa keperluan liburan sudah dibayarkan sebelum berangkat liburan.

Jangan remehkan juga uang receh untuk keperluan kecil seperti membayar toilet, memberi donasi, membayar tol, dan lain sebagainya. Bawa kebutuhan obat-obatan sendiri dan jaga stamina anda agar tetap sehat selama liburan.

Demikian saran yang bisa saya bagikan berdasarkan pengalaman. Saya sendiri sudah mulai menyiapkan rencana liburan juga.

Selamat menyiapkan liburan!