Makanan Khas Jerman (65): Camembert Burger, Burger Rasa Keju Buat Cheese Lovers

Burger tampak atas.



Burger tampak samping.

Burger adalah salah satu makanan di Jerman yang sebenarnya bukan berasal dari sini. Seperti yang pernah saya sampaikan ada tiga makanan populer di sini yang begitu mudah dijual tetapi bukan makanan khas Jerman. Ada pizza, donner dan juga burger. Ketiganya menjadi makanan meriah dan murah untuk dibeli padahal ketiganya memang bukan makanan tradisional negeri sosis ini.

Saya juga bukan pecinta burger tetapi sesekali saya mencobanya setelah kenalan saya mengajak makan siang di salah satu kafe yang baru buka. Setelah saya melihat menu yang disediakan, pilihan saya jatuh pada burger camembert. Deskripsi burger dijelaskan bahwa burger berisi camembert keju yang digoreng, salad sayuran dan preiselberee. Ini membuat saya penasaran dengan rasa burger keju ini. Bagaimana dengan anda?

Pesanan datang dalam porsi yang cukup besar sebagaimana anda lihat. Ada kentang goreng dan salad sayuran untuk melengkapi menu yang saya pesan. Wah, makan kentang goreng saja sudah cukup mengenyangkan untuk saya. Ditambah lagi burger keju yang belum pernah saya coba sebelumnya.

Camembert berasal dari nama salah satu wilayah di Prancis, yang banyak memproduksi susu sapi. Susu sapi ini menjadi bahan utama pembuatan keju camembert ini. Sebagaimana anda tahu, saya kenal beraneka macam keju setelah tinggal di Jerman. Camembert ini keju yang lembut dan moist, dan punya tekstur yang berbeda dari kebanyakan keju lainnya. Di supermarket di sini, saya bahkan bisa memilih keju camembert yang rendah fett juga.

Camembert menjadi keju yang populer karena keju ini yang lembut, tak berbau dan creamy bila dilelehkan. Umumnya camembert disajikan dalam makanan kalt essen sebagai pendamping salami, daging ham atau bacon. Rasanya yang gurih menurut saya menjadi enak sebagai pendamping kalt essen di Jerman.

Keju Camembert.

Bagaimana dengan camembert dijadikan burger?

Camembert menjadi kreasi burger setelah burger juga memberikan cheeseburger sebagai pilihan rasanya. Burger tentu bisa dikreasikan sesuai pilihan pemesan. Apalagi rasa creamy keju camembert membuat burger ini cocok dijadikan pilihan bagi pencinta burger.

Pertama camembert diolah seperti membuat schnitzel. Camembert dilumuri tepung roti kemudian digoreng hingga berwarna kecokelatan. Untuk menikmatinya, camembert di Jerman perlu saus preiselberee yang diambil dari buah sejenis strawberry dengan buahnya yang kecil, berwarna merah dan rasanya asam. Saus ini diracik khusus untuk melengkapi rasa camembert burger di sini.

Jika anda penyuka cheeseburger, maka anda perlu mencoba camembert yang sekarang populer di beberapa negara maju. Camembert burger tiap negara tersebut punya varian berbeda untuk meracik isian hingga sausnya.