Kue Khas Jerman (11): Kaiserschmarrn, Pancake Manis nan Berantakan Kesukaan Kaisar

Kaiserschmarrn disebut juga shredded pancake, yang ditaburi gula bubuk.

Melanjutkan kue khas asal Jerman, saya bagikan sejenis pancake yang saya susah menyebutkannya dengan benar. Saya selalu menyebut kue ini sebagai kaisarmann, padahal yang benar adalah kaiserschmarrn. Dan ternyata sejarah pancake ini ada kaitan dengan kaisar juga. So, ini membuat anda makin penasaran ‘kan.

Dalam riwayat penamaan dessert ini, kaiserschmarrn berasal dari dua kata. Kata pertama ‘Kaiser‘ diambil dari gelar Kaisar Austria Franz Josep, yang ternyata suka sekali makanan penutup yang berasa manis. Selanjutnya kata kedua yakni schmarrn yang mengacu pada dialek bahasa Bayern dan Austria yang agak mirip. Schmarrn dimaksudkan kacau, berantakan, sampah bahkan ini semacam gosip tak menarik.

Demikian nama kue ini karena memang pancake dikacaukan sebelum diberi taburan gula bubuk.

Saya kenal kue ini sebagai hidangan menemani minum kopi di suatu kafe. Saat saya datang ada tawaran paket menarik yakni kaiserschmarrn dan kopi dengan harga terjangkau. Akhirnya saya putuskan untuk mencobanya. Seperti yang anda lihat, ada kekacauan pancake yang berantakan, kemudian diberi taburan gula bubuk sehingga tampilan dan rasanya makin manis.

Pancake ini memang berbeda tak hanya soal tampilan saja tetapi pembuatannya yang dikacaukan saat pancake hendak matang di wajan teflon. Lalu rasa pancake memang berbeda karena ada selai buah yang menemaninya. Sebut saja selai apel, buah cherry atau buah plum seperti yang anda lihat di foto. Ini hanya pelengkap saja. Bahkan isian pancake juga kadang sudah dilengkapi kacang nuss, selai apel atau buah anggur yang dikeringkan.

Bahan pembuatan pancake ini pun mudah. Seorang kenalan asal Bavaria mengatakan bahwa siapa pun bisa membuatnya. Bahannya hanya tepung terigu, gula, garam dan susu yang dicampur bersamaan. Setelah wajan panas, beri butter dan mentega sebelum adonan dituang.

Kreasi tiap orang berbeda-beda. Ada yang meletakkan selai buah apel sebelum adonan. Kemudian dicampurkan dalam adonan pancake saat hendak dituang di wajan. Ada pula yang membuat pancake terlebih dulu matang. Saat pancake setengah matang, beri taburan kacang almond misalnya atau potongan buah yang disuka. Lalu kacaukan pancake seperti yang anda lihat pada foto.

Hasil akhir pancake adalah pancake matang yang kacau kemudian diberi taburan puderzucker atau gula icing. Gula yang tampak seperti bedak ini disaring di atas pancake sehingga tampak indah. Mudah ‘kan! Saya percaya anda bisa membuatnya di rumah.

Kue kaisarschmarrn ini biasa dihidangkan saat hari raya Natal di wilayah Bavaria dan Austria. Tetapi kini pancake ini bisa dibuat kapan saja seperti kaffeetrinken, untuk menemani minum kopi di beranda rumah. Hmm…

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.