5 Sup Usir Dingin ala Eropa, Bisa Dicoba di Rumah

Musim dingin melanda negeri empat musim saat ini, termasuk wilayah tempat tinggal saya. Ada berbagai cara untuk mengusir rasa dingin yang kerap saya alami saat sedang berada di luar rumah dan traveling. Salah satunya adalah mengkonsumi sup yang selalu tersaji hangat agar tubuh pun terasa hangat. Bagaimana pun mengkonsumsi sup dengan isian yang menyehatkan juga membantu tubuh untuk terhindar dari sakit selama musim dingin.

Berikut ini lima sup yang saya temukan di restoran dari berbagai tempat di Eropa.

1. Sup goulasch, Hungaria

Sup goulasch dengan potongan roti.

Goulasch adalah makanan asal Hungaria yang sudah populer di Jerman dan beberapa negara sekitarnya di Eropa. Ini menjadi makanan wajib saat saya bertandang di Hungaria. Nama goulasch sendiri sudah sering saya temukan saat saya memesan makanan di restoran di Jerman. Nah, pilihan sup berikut bisa jadi anda sukai yakni sup berisi potongan kentang, paprika dan daging sapi.

Baca: Mencoba goulasch otentik di Budapest

Untuk membuatnya pun mudah. Bahan-bahan yang berisi isian sup seperti potongan daging sapi direbus bersama bawang merah, bawang bombay dan pasta tomat. Beri garam, kaldu sapi dan merica sedikit. Kini anda bisa menikmati sup goulasch yang dimakan bersama roti.

2. Sup pancake, Jerman

Pfannkuchen suppe yang biasa dibuat ibu mertua.

Sup kedua juga mudah anda buat di rumah. Saya mengenal sup ini dari ibu mertua yang tahu bahwa saya suka makan pancake dan makan sup. Bagaimana jika dibuat keduanya dengan bahan yang sama. Kali lain, saya mendapati pfannkuchen suppe ini dalam berbagai kesempatan seperti di Christkindlmarkt, pasar jelang natal. Pfannkuchen suppe ini juga terkadang disebut Frittaten suppe Membuatnya juga mudah. Silahkan cek resepnya di link yang saya berikan!

Baca: Resep sup pancake

3. Sup griesnockerl, Austria

Sup griesnockerl yang juga bisa ditambahkan sayuran.

Selanjutnya adalah sup dari negeri tetangga yakni sup griesnockerl. Sup ini bisa disebut sebagai dumpling soup dalam istilah internasional. Dumpling atau pangsit dalam bahasa Indonesia dibuat dengan mudah dari adonan tepung maizena, butter dan telur. Setelah air kaldu sapi dalam panci sudah mendidih maka pangsit yang dibuat kecil-kecil dari adonan dimasukkan hingga matang. Anda juga bisa menambahkan potongan sayuran seperti wortel, kol atau sesuai selera. Mudah ‘kan!

Baca: Sup griesnockerl yang lain

4. Sup tomat, Swiss

Sup tomat, diberi krim dan irisan roti.

Berikutnya adalah sup tomat yang saya pesan di salah satu restoran di stasiun utama di Zürich, Swiss. Saat itu, saya memesannya sambil menunggu jadwal kereta kembali ke Jerman. Restoran yang terletak di stasiun utama Zürich ini menyediakan sup tomat yang terdengar enak untuk saya. Seperti yang anda lihat, ini pun mudah dibuat. Anda bisa menambahkan krim dan potongan roti agar semakin tasty. Cerita tentang Zürich, saya buat terpisah.

5. Sup krim kubis, Belanda

Sup krim kubis yang ditambahkan potongan roti.

Sup terakhir adalah sup krim kubis, yang juga sering saya temukan di Jerman. Namun sup kubis tersebut saya pesan di restoran di Den Haag. Ceritanya saya berkunjung ke pusat wisata keluarga Maduro, Den Haag. Karena waktu makan siang tiba, maka saya dan suami pun mampir di restoran di lokasi wisata tersebut. Sup kubis pun mudah dibuat setelah anda merebus kubis dengan kaldu sayur, garam dan merica kemudian hancurkan dengan food processors. Anda bisa tambahkan potongan roti kering. Tentang wisata di Den Haag, saya buat terpisah.

Dari kelima sup berbagai negara yang saya tampilkan, manakah yang ingin anda coba di rumah? Selamat berhari Minggu bersama keluarga.

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.