Parkir Bertumpuk? Siasat Atasi Lahan Parkir Kendaraan

Satu ruang parkir, bisa untuk 6 mobil.

Seiring dengan bertambahnya kepemilikan kendaraan dan berkurangnya lahan maka ini menjadi tantangan tersendiri di kota-kota besar untuk mendapatkan tempat parkir. Strategi pemerintah untuk mensiasati lahan parkir bisa beragam. Mulai dari kebijakan tarif parkir yang beragam sesuai lokasi parkir, harga parkir yang tinggi, kerjasama dengan pihak swasta untuk mengelola parkir umum hingga membuat kendaraan umum yang nyaman sehingga orang lebih memilih naik public transportation. Itu adalah sepanjang pengalaman saya saja selama ini.

Pengalaman kami menginap di suatu hotel di kota besar, ternyata hotel tidak menyediakan lahan parkir. Itu berarti kami harus menemukan (P+R) area parkir umum sebelum datang. Ini yang kami alami di Amsterdam dan Brussels, dimana biaya parkir untuk dua kota besar tersebut cukup merogoh kocek. Sebagai perbandingan, biaya parkir 24 jam di Amsterdam itu sekitar 45€ sedangkan di Brussels sekitar 18€. Sistim perparkiran yang moderen, otomatis dan mandiri (self service) adalah perpakiran yang dikembangkan di kota-kota besar.

Pusat kota yang jadi pusat destinasi wisata, jangan harap bisa parkir sembarang atau parkir langsung di depan lokasi jika kendaraan yang dibawa bukan kriteria yang diperbolehkan. Wah, ini seperti pengalaman kami di Split, Kroasia dimana mobil kami diangkut oleh petugas penertiban parkir. Akhirnya kami harus membayar sejumlah denda untuk mengeluarkan mobil kami. Ada administrasi yang dibayarkan dengan jumlah yang tak kecil memberi pelajaran kami untuk tidak lagi parkir sembarang tempat dimana pun.

Mesin pembayaran otomatis di Amsterdam.

Pengalaman parkir lainnya, saat kami berada di kota Stuttguart. Masih di Jerman, rupanya ini adalah siasat mengatasi lahan terbatas dengan pertumbuhan kendaraan yang bertambah. Kami menginap di salah satu hotel di pusat kota yang menyediakan lahan parkir berbayar dan tidak langsung terhubung dengan hotel. Artinya, parkir ini tidak masuk dalam layanan hotel. Jarak parkir dengan hotel sekitar 10-15 menit dari hotel.

Baca juga: Pengalaman mobil diangkut petugas karena salah parkir

Parkir sistem ini disebut Duplex-Garage, yang bisa memaksimalkan satu lokasi 15 sampai 20 meter. Kemudian parkir ini bisa mencapai tiga tingkat untuk satu lahan parkir mobil. Saya yang mengamati sistim parkir ini terkesan dengan pengelolaannya untuk mengatasi lahan parkir di kota besar yang semakin sulit. Hal yang perlu diperhatikan juga, tinggi dari kendaraan yang diparkirkan. Ini hanya untuk kendaraan pribadi dengan tinggi yang sewajarnya. Itu sebab petugas hotel pertama kali bertanya dulu tinggi dan tipe kendaraan kami.

Petugas hotel memberikan kunci pintu utama parkir dan kunci untuk naik turun kendaraan. Untuk lokasi parkir yang biasanya kita bebas menentukan tempat parkir, dengan sistim ini tidak. Kendaraan sudah tercatat lokasi parkirnya, Anda harus parkir di lokasi nomor ini. Hal ini dimakudkan untuk administrasi dan keamanan bersama. Kemudian kami masuk dalam area parkir umum yang dimaksud dengan lokasi beberapa blok jauhnya.

Setibanya di lokasi parkir yang dimaksud sesuai petunjuk nomor parkir. Untuk 1 tempat mobil misalnya, ada kategori a, b dan c yang berarti ada tiga lokasi untuk satu tempat. Untuk menaikkan dan menurunkan kendaraan, ada kunci yang dimainkan. Tak usah khawatir mengenai ketahanan material yang digunakan, ini semua aman dan sudah teruji.

Begitu sekelumit pengalaman parkir bertumpuk yang kini menjadi solusi atasi lahan parkir yang semakin sulit. Mengingat pertambahan kendaraan yang tak sebanding dengan ketersediaan lahan parkir kendaraan. Saya sendiri baru mendapati di Jerman. Jika anda tahu sistim parkir seperti ini, silahkan bagikan di kolom komentar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.