Antwerpen, Belgia (2): 3 Jajanan di Pasar Natal Wajib Dicoba

Ilustrasi. Minuman cokelat panas dari Belgia itu enak.

Setelah saya membahas Christmas Market di Antwerpen, kini saya membahas kuliner yang wajib dicoba. Mengapa wajib dicoba? Karena ini menjadi makanan khas lokal yang ternyata berbeda rasanya dari kota lain. Lagipula mencicipi jajanan ini seperti kita berbaur dalam keriuhan orang-orang yang menikmati pasar rakyat ini. Dan saya suka ini, menikmati street foods yang khas saat traveling.

Tiga jajanan ini menjadi rekomendasi bila anda berkunjung ke Antwerpen atau Belgia. Meskipun anda bisa mendapatkan di Indonesia atau negara lain, nyatanya tiga jajanan ini memiliki rasa yang khas dan pastinya lebih enak. Kata orang-orang di sini, mereka punya racikan rahasia. Coba saja simak di bawah ini.

1. Fish & Chips

Fillet ikan dibungkus tepung dan saus mayonnaise.

Fish and chips adalah makanan yang sudah populer dan mendunia. Tidak hanya diperkenalkan di restoran saja tetapi kuliner ini bisa dijumpai dengan mudah di Belgia. Itu sebab saya rekomendasikan bila anda berkunjung ke Belgia. Konon mereka menyajikan citarasa saus untuk ikan tepung goreng yang terbaik. Saya membelinya dengan harga 10€ dan sudah cukup membuat kenyang.

Ikan yang digunakan harus ikan segar sehingga teksturnya memang nikmat. Ada yang menyebut ini sebenarnya steak ikan karena ikan diolah dengan crispy and greasy tetapi tasty. Selain ikan berbalut tepung yang digoreng, kadang mereka masih menambahkan kentang goreng yang aduhai nikmatnya. Ini memang ada di negara lain, tetapi fish and chips di Belgia itu berbeda loh.

2. Belgian Hotdog

Meski isiannya sama seperti di Jerman, rasa hot dog ini berbeda loh.

Seharusnya saya membeli waffle di sini tetapi antrian yang mengular membuat saya urung diri. Tenang, saya akan tetap membahas waffle di Brussels nanti. Saya beralih ke hot dong rasa Antwerpen. Ini memang tak istimewa karena modelnya sama seperti di Jerman. Tetapi tunggu sosis Belgia itu punya citarasa yang pasti berbeda dibandingkan negeri tetangga, Jerman.

Jerman adalah negeri yang punya banyak sekali varian sosis, Belgia tidak banyak jenis sosisnya tetapi berbeda dengan Jerman. Soal sosis, Belgia memberi julukan Belgian Hot Dog yakni sosis warna putih dan warna gelap yang dipilih sesuai selera, kemudian dipanggang. Selesai dipanggang, sosis diletakkan di tengah sisipan roti sembari diberi sauerkraut, acar bawang dan mustard. Hmm…

3. Minum Cokelat Panas

Rasa cokelatnya itu beda sekali!
Aneka cokelat Belgia wajib dicoba juga.

Jajanan terakhir yang juga wajib dicoba adalah cokelat Belgia. Belgia terkenal sebagai surga cokelat. Selain kemasan cokelat yang dibuat menarik, ada juga minuman cokelat yang sama enaknya seperti menikmati cokelat batangan. Minum cokelat panas saat musim dingin bisa jadi pilihan, tetapi minum cokelat panas di Antwerpen itu wajib dicoba. Tentang pabrik cokelat sebagai buah tangan, saya ulas saat kunjungan di Brussels.

Meski suasana natal dan tahun baru sudah lewat, bisa jadi rekomendasi kuliner di atas menjadi informasi bila datang ke Antwerpen. Anda sendiri ingin mencoba jajanan yang mana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.