Nama kue ini mengingatkan bola salju, benarkah?

Kue dari Jerman itu begitu bervariasi, seperti kue schneebälle yang aslinya tampak pada baris pertama pada foto. Seiring dengan kreativitas dalam dunia gastronomy, kue ini pun kini memiliki beragam rasa dan penampilan. Seperti yang anda lihat, ada banyak rasa, warna dan tampilan yang memperkaya selera pembeli. Kue ini sering saya lihat di Christkindlmarkt atau saat musim dingin seperti sekarang. Nama kue ini adalah schneeballen. Karena banyak maka ada tambahan -n dalam penyebutannya.

Selintas dari nama kue ini digambarkan seperti bola salju karena schneeballen dalam bahasa Inggris ditulis menjadi snowball. Kue sejenis pastry ini mudah dibuat, hanya berisi lapisan-lapisan adonan yang membentuk bola, seperti bola sepak takraw. Diameter umumya sekitar tujuh sampai sepuluh sentimeter. Versi originalnya, schneeball yang sudah matang diberi gula bubuk putih agar terasa manis.

Dari nama, saya berpikir mungkin ada kaitan dengan salju (schnee, dalam bahasa Jerman). Pastry ini menjadi umum disajikan di toko kue dan kafe di wilayah Baden-Württemburg. Itu benar karena saya mendapati kue ini saat saya berjalan-jalan ke Heidelberg, salah satu kota indah di negara bagian Baden-Württemburg. Kebetulan saya datang pun di saat musim dingin. Sementara saya pernah menjumpai pastry ini di pasar natal di saat musim dingin.

Baca juga: Pesona jembatan Heidelberg

Dari temuan ini, apakah bisa disimpulkan bahwa kue ini hanya muncul di musim dingin? Apakah kue ini ada kaitannya dengan musim dingin? Lalu mengapa nama pastry ini ada kaitan dengan bola salju?

Bahan utama kue ini hanya tepung terigu, gula, telur, butter dan krim. Setelah adonan siap, adonan diiris seperti lapisan yang dibentuk seperti lapisan acak membentuk bola. Saya yakin siapa pun bisa membuatnya karena kue ini begitu mudah dibuat dan hasil akhirnya adalah digoreng penuh dalam minyak panas. Setelah matang, schneeballen diberi gula bubuk. Sedangkan versi rasa lain, anda bisa mengkreasikan sesuai selera dan kebutuhan anda.

Bagaimana menurut anda?