Makanan Khas Asia (61): Suka Saus Pedas atau Saus Kacang? Tumisan Sayur dan Daging

Tumis daging dan sayur bersaus pedas.

Jika anda datang ke Jerman dan datang ke restoran selera asia lalu menemukan menu makanan bertuliskan ‘pikanter sauce’ maka itu dimaksudkan makanan tersebut bersaus pedas. Sedangkan jika menu yang anda pesan bertuliskan ‘nuss sauce’ maka berarti makanan tersebut menggunakan saus kacang. Nah, kini saya ulas dua makanan tersebut yang baru saja saya pesan.

Saya dan suami datang ke restoran asia yang sudah menjadi langganan kami. Kami memutuskan dua menu di atas, yang sebenarnya dua makanan yang dipesan dan suami hanya berbeda saus yang digunakan saja. Keduanya berisi tumisan atau cah daging dan sayur. Lalu ada nasi putih nan hangat untuk menikmati menu tersebut. Hmm, enaknya!

Menu pertama, tumis daging dan sayur bersaus pedas. Saus pedas yang dimaksudkan adalah berisi aneka bumbu yang dicampur jadi satu. Praktisnya, di supermarket di sini tersedia saus ‘pikanter’ di bagian bahan pangan asia. Namun jika tidak, anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Hasil penelusuran saya tentang pembuatan saus pikanter sebagai berikut. Pertama, anda butuh air kaldu sayur, sambal, soya sauce, sedikit arak beras, sedikit saus, kecap manis, garam dan merica sedikit. Lalu campurkan bersamaan sebagai rendaman sebelum anda memasukkannya dalam tumisan. Membuat adonan saus terlebih dulu kemudian mencobanya akan terasa lebih baik. Biarkan beberapa saat sebelum digunakan.

Tumis sayur dan daging bersaus kacang.

Selanjutnya, menu kedua yakni tumisan daging dan sayur bersaus kacang. Agar bumbu kacang benar-benar meresap, balutlah daging dalam selimut tepung. Itu berarti daging fillet dipotong kecil-kecil kemudian digoreng. Singkirkan sementara. Lanjutkan dengan tumisan sayuran sebagai pelengkap. Anda bisa menambahkan tauge dan paprika, misalnya.

Saus kacang bisa berasal dari peanut butter yang didapatkan mudah di supermarket di sini. Jika tidak, kita bisa menggilingnya dari kacang tanah biasa. Haluskan dengan kacang tanah tersebut. Tambahkan adonan saus kacang dengan sambal dan air. Beri sedikit gula, garam dan merica maka dijamin anda mendapatkan saus kacang istimewa.

Siram saus kacang pada daging dan sayur setelah anda menumisnya dengan baik. Silahkan santap kedua menu di atas dengan nasi hangat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.