Buat Smoothie di Rumah? Begini Caranya

Buatan sendiri.
Strawberry dan pisang yang beku ditambah sedikit susu rendah lemak.

Menjalani hidup sehat bisa jadi resolusi yang anda rancang tahun ini. Salah satu gaya hidup sehat seperti mengkonsumsi smoothie yang berisi campuram buah yang dikombinasikan untuk memenuhi nutrisi harian. Bukan tidak mungkin smoothie bisa menjadi pilihan untuk dibuat dan dikonsumsi anggota keluarga di rumah. Bagaimana pun ini menjadi salah satu alternatif mengkonsumsi buah agar tetap nikmat.

Jika ditelisik smoothie bukan hal baru dalam dunia food & beverages, pasalnya di belahan dunia lainnya semisal India, Turki atau Italia pun membuatkan racikan minuman menyehatkan untuk dikonsumi. Seperti yang saya ulas sebelumnya, tiga negara tersebut menjadikan yoghurt sebagai pilihan untuk menikmati buah yang dicampurkan menjadi satu. Misal India dengan minuman lassi manggo yang pernah saya pesan. Ini adalah perpaduan antara yoghurt dan sari mangga. Rasanya semakin nikmat, kadang dicampur dengan air mawar.

Baca juga: 3 Kreasi minuman yoghurt dari 3 negara

Smoothie berkembang menjadi pilihan sebagian orang untuk tetap mengkonsumsi buah tiap hari. Awalnya saya mengetahui seorang tamu hotel yang duduk bersama saya dan suami yang memilih tidak sarapan pagi di hotel saat kami traveling. Dia membuat buah pisang, strawberry dan sedikit susu yang kemudian dicampur dengan blender tangan selama beberapa menit. Dia menikmati itu tanpa sarapan pagi. Ia mengaku itu caranya untuk menurunkan bobot tubuhnya. Susu yang dipilih pun rendah lemak. Pengalaman itu membuat saya berpikir untuk membuat smoothie di rumah.

Pertama-tama, apa itu smoothie?

Seiring dengan teknologi menciptakan blender sebagai alat praktis menghancurkan sayur dan buah, maka hadir pula gaya makanan dan minuman yang mudah diaplikasikan. Apalagi kini ada food juicer dan blender tangan misalnya yang praktis dan mudah dibawa. Seperti cerita saya di atas, pria tersebut membawa blender tangan saat traveling untuk kebutuhan sarapan paginya. Luar biasa! Nah, smoothie adalah salah satu trend kekinian yang membuat orang semakin praktis mencampurkan buah atau sayuran sehingga mudah dinikmati.

Smoothie itu minuman yang creamy dan kental. Ini mungkin yang membedakannya dengan jus buah biasa yang sudah lama dikenal publik. Mengapa buah atau sayur bisa menjadi creamy? Karena bahan kandungannya seperti susu rendah lemak, yoghurt atau madu misalnya bisa menjadi penentu hasilnya. Selain itu, smoothie yang benar-benar kental dihasilkan dari buah-buahan yang sudah dibekukan terlebih dulu. Itu hasil pengalaman saya. Saya sendiri belum pernah mencoba smoothie green.

Smoothie green hanya untuk sebutan istilah bagi mereka yang menghendaki isiannya adalah sayuran. Selama ini saya suka makan sayuran dengan mengunyahnya saja sudah cukup. Saya sudah coba berbagai buah untuk dicampurkan menjadi smoothie, tetapi lidah saya cocok hanya strawberry dan pisang yang diberi sedikit susu rendah lemak. Sekali lagi, smoothie dengan susu bukan berarti ini sama seperti milkshake.

Bedanya dengan Milkshake apa?

Bedanya smoothie dan milkshake adalah kadar susu yang digunakannya. Untuk milkshake, jelas susu yang digunakan lebih banyak sedangkan smoothie tidak banyak. Smoothie menggunakan susu rendah lemak, itu pun jika suka. Milkshake berasa manis karena mungkin dicampurkan dengan es krim beku. Sedangkan saya memilih smoothie karena buah-buah tersebut sudah saya bekukan dulu.

Baik smoothie maupun milkshake sama baiknya untuk menikmati buah dan sayur. Semua tergantung pada selera dan kebutuhan saja. Oh ya, susu rendah lemak itu tidak wajib, kadang saya campurkan juga orange juice bersamaan dengan strawberry dan pisang. Orange juice bisa menjadi alternatif. Ada juga yang mengganti orang juice dengan sedikit santan. Tetapi ini belum pernah saya coba, saya hanya pernah memesannya di kafe yang menyediakan smoothie.

Resep smoothie?

Smoothie yang paling sering saya buat ya hanya pisang dan strawberry beku ditambah sedikit susu rendah lemak. Resep lain yang sedikit hijau kekuning-kuningan seperti potongan nanas, potongan kiwi dan sedikit mangga. Kemudian ini bisa ditambahkan sedikit jus jeruk. Susu atau jus jeruk hanya alternatif saja, anda bisa gantikan misalnya madu, santan, sirup buah.

Contekan smoothie biasanya saya dapatkan di kafe yang menyediakannya. Karena biasanya mereka menuliskan apa saja kandungan smoothie di dalam satu cup smoothie yang dipesan. Daripada membeli di luar untuk satu cup smoothie, lebih baik buat di rumah dengan harga terjangkau dan dinikmati seluruh anggota keluarga yang lain.

Apakah anda tertarik membuat smoothie di rumah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.