Bagaimana Perasaan Anda Bila Dapat Ucapan Ultah dari Walikota?

Ilustrasi: Kartu ucapan ulang tahun untuk mereka berusia 75 tahun.

Ulang tahun memang begitu berarti dalam kultur orang-orang Jerman. Seperti saya pernah cerita pengalaman rayakan ulang tahun di Jerman beberapa waktu lalu di blog ini. Ulang tahun bukan hanya sekedar momen merayakan hari kelahiran seseorang saja, tetapi ada makna bahwa ulang tahun bukan lagi sekedar angka yang bertambah dalam usia. Namun bagaimana perasaan anda jika walikota tempat tinggal anda mengirimkan hadiah dan menyelipkan kartu ucapan ulangtahun kepada anda?

Baca: Tradisi ulang tahun di Jerman

Ups, pengucapan kartu ulang tahun dan pemberian hadiah bukan sembarang diberikan. Di Jerman misalnya, saya bisa mendapatkan kiriman hadiah ucapan ulangtahun dari perusahaan, tempat kerja meski rekan-rekan kerja tak ada yang tahu kapan hari ulangtahun saya. Alasannya, saya memang tidak ingin mengumbar ‘hari jadi’ agar tidak kedapatan traktir mereka. Rupanya bagian personalia memang menjadikan tradisi memberikan ucapan ulangtahun kepada tiap karyawannya tiap tahun.

Tak hanya firma, tempat kerja saja yang memberikan ucapan ulangtahun, saya mendapatkan ucapan ulangtahun juga dari Bank, tempat saya menabung. Belum lagi, saya mendapatkan ucapan ulangtahun dari produk dimana saya menjadi pelanggan. Selain disertai ucapan, kadang ada hadiah yang terselip. Menyentuh sekali menurut saya.

Kembali ke soal pemberian ucapan ulangtahun dari Walikota/Bupati tempat tinggal di Jerman, bagaimana hal itu bisa terjadi?

Pemberian ucapan ulangtahun dari walikota/bupati diberikan ke warga jerman yang memasuki setelah usia 75 tahun, 80 tahun, 85 tahun, 90 tahun dan seterusnya dengan jarak lima tahun. Sebagaimana anda tahu, bahwa saya pernah membahas juga soal usia harapan hidup yang memang perlu diperbaharui lagi. Pada tahun 2012, data demografi menunjukkan rata-rata usia harapan hidup orang Jerman adalah usia 81 tahun. Mungkin data ini bisa diperbaharui lagi.

Kartu ucapan dan hadiah dari walikota/bupati bisa dikirim via pos namun ada juga kasus-kasus tertentu yang dikunjungi langsung. Misalnya, saya pernah membaca di koran lokal bahwa walikota memberikan ucapan langsung ke seorang Oma usia 106 tahun. Dalam ucapan tersebut, ada ucapan lagi dari pastor paroki bila warganya ini adalah seorang jemaat umat paroki.

Jika ditanya, bagaimana perasaan anda bila diberi ucapan ulangtahun dari walikota/bupati?

Tentu senang bahwa kita diperhatikan sebagai warga. Saya hanya berpikir bahwa ulangtahun di Jerman itu bukan hanya sekedar tradisi merayakan hari jadi. Ini menjadi bermakna bahwa saya sebagai pribadi begitu dihargai.

Selamat berakhir pekan bersama keluarga!

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

One thought on “Bagaimana Perasaan Anda Bila Dapat Ucapan Ultah dari Walikota?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.