Makanan Khas India (11): 2 Dessert Manis Nan Dingin, Kulfi dan Mangocreme

Negeri Bollywood yang kaya akan rempah-rempah ini ternyata menyimpan aneka hidangan manis pencuci mulut. Begitu asyiknya saya menikmati sajian utama makanan yang dipesan hingga saya lupa bahwa ada dessert yang dihidangkan setelah makanan utama, yang ternyata benar-benar yummy dan tasty. Setelah ulasan berikut, saya yakin anda tergoda untuk mencari tahu.

Di hari Senin ini saya ajak anda menikmati hidangan manis dari India. Siapa tahu ini bisa memaniskan hari anda setelah seharian bekerja. Walaupun dessert ini dingin namun hidangan ini menyehatkan juga. Padahal di sini saya masih sedang menghadapi musim dingin. Nah, bagi anda yang tertarik mencoba di rumah, ikuti petunjuk berikut.

1. Mangocreme

Dessert pertama adalah manggocreme.

Dessert pertama ini benar-benar super lezat. Hanya berasal dari sari mangga saja dan es krim tetapi membuat lidah saya bergoyang begitu menikmati tiap suapan. Sari mangga ini biasa dijual di supermarket dalam bentuk kemasan yang sudah jadi, dikenal dengan istilah mango pulp. Cara membuatnya pun mudah.

Siapkan wadah, seperti gelas atau mangkuk kecil. Isi dengan mango pulp sebanyak setengah dari wadah. Lalu ambil satu sendok es krim rasa vanilla. Tuang ke atas krim mangga. Beri taburan kacang kenari ke atasnya. Itu sudah tampak nikmat.

2. Kulfi

Dessert kedua adalah Kulfi.

Dessert kedua yang pernah saya pesan adalah kulfi, yang bentuknya bisa bermacam-macam. Ini seperti es potong bila saya temukan di Indonesia. Kulfi ini adalah es tradisional yang dikenal sejak abad 16 di belahan Asia Selatan. Rasa kulfi pun manis karena berisi sari buah-buahan, yang kemudian dibekukan. Namun ada juga yang berisi seperti sari kacang hijau dan santan yang dibekukan. Ini sama seperti es kacang hijau potong sebagai jajanan masa kecil saya di sekolah.

Setelah anda mendapatkan bubur kacang hijau dan santan yang manis. Masukkan dalam wadah plastik. Lalu simpan dalam lemari beku. Setelah membeku, belahlah menjadi beberapa bagian. Susun seperti tampak foto di atas. Anda bisa menghiasinya dengan krim kue, kacang almond dan taburan kelapa kering. Hmmm, nikmat juga loh!

Memulai hari Senin ini, jajanan manis apa yang ingin anda nikmati? Semangat Senin!

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.