Keju paneer itu bentuknya seperti tahu.

Menemukan makanan vegan dan vegetaris bisa diperoleh dengan mudah di restoran India. Bagaimana pun India juga memiliki kekayaan kuliner yang dikenal dunia. Saya pun termasuk suka mencicipi masakan kuliner negeri Bollywood ini. Bahkan saya tidak menyangka juga bahwa negeri yang kaya akan rempah-rempah ini punya racikan salad yang aduhai enak. Salad ini diperuntukkan bagi para vegetarian.

Sebagaimana anda tahu bahwa saya pernah menjelaskan perbedaan keju paneer yang ditemukan dalam kuliner India dengan tahu. Bentuk keduanya benar-benar mirip. Warnanya pun putih dan teksturnya pun sama. Sekilas anda pasti sulit menebak, apakah ini tahu atau keju paneer? Namun soal rasa keduanya jelas berbeda. Jika tahu terbuat dari serat kedelai maka keju paneer tetap dari susu sapi. Keju paneer banyak dikenal di daratan Asia Selatan.

Baca: Ini beda keju paneer dan tahu

Nah, masih soal keju paneer. Saya pun memesan salad vegetarian di restoran khas India di Jerman. Dengan maksud, saya tertarik isian apa yang terselip di dalam salad, selain sayuran tentunya.

Ya, salad vegetarian ini seperti yang anda lihat. Terdapat sayuran segar seperti tomat, acar bawang dan irisan daun peterselli. Namun tentu anda pasti menemukan irisan balok putih yang mungkin terpikir itu adalah tahu. Tidak, itu adalah keju paneer.

Dressing salad hanya minyak zaitun, sedikit perasan lemon, garam dan sedikit merica. Lalu ada kacang kenari untuk menikmati salad ini. Keju paneer pun melengkapi citarasa salad ini. Rasa keju paneer berbeda dengan tahu. Paneer berasa sedikit asam, beraroma susu sedangkan tahu tentu saja tidak. Itu sebab salad ini dinamakan salad buat vegetarian.

Namun, saya berpikir apakah mungkin menggantikan keju paneer dengan irisan tahu pada salad? Mungkin saja. Jika anda bisa kreasikan, hanya saja keju ini bisa dimakan secara fresh. Sedangkan tahu? Saya pikir tahu pun harus diolah dulu, tidak serta merta mentah langsung dimakan. Jadi mungkin itu bedanya ya!

Apakah anda tertarik mencoba salad keju paneer?