Brussels (4): Pernah Coba Makan Kerang Rebus Bersamaan Kentang Goreng? Ini Makanan Wajib

Pesanan datang, menu aslinya adalah “mosselen met frite” seperti yang anda lihat.
Lebih dekat dengan kentang rebus rasa seledri.

Datang ke Brussels maka perlu wajib coba makan mussels, yang katanya masih satu famili dengan kerang. Makanan ini begitu mudah dijumpai di restoran-restoran pusat kota yang jadi incaran turis. Awalnya saya tak percaya mengapa saya harus mencoba kuliner ini di Brussels? Atas saran kenalan asal Belgia yang sekarang hijrah ke Jerman. Ternyata menu ini memang menjadi saran untuk turis mencobanya.

“Moules-frites” adalah nama kuliner yang dipesan. Ada juga yang menuliskannya “mosselen met frite” yang intinya adalah sama. Moules atau mussels merupakan satu famili dengan kerang. Entah bagaimana makanan ini menjadi kuliner yang perlu dicoba di Brussels. Bahkan tradisinya adalah menikmatinya pun dengan kentang goreng kemudian minum bir asal Belgia. Itu sudah!

Baca: 4 Kulineran wajib dicoba di Brussels

Sebenarnya kerang rebus bukan hal baru buat saya. Di Jakarta dulu ada jajanan kerang rebus berbumbu kunyit. Di Belgia mussels direbus dengan seledri. Tak ada bau amis untuk kuliner ini. Hanya saja buat saya, porsi ini cukup besar dan mengenyangkan. Apalagi menikmati kerang bersama kentang goreng. Luar biasa mengenyangkan.

Seperti biasa, suami pesan ini.
Saya pesan sup tomat juga.

Itu pun saya masih memesan sup tomat karena saya merasa kedinginan dan tak enak badan saat itu. Kebayang bahwa porsi makan malam saya benar-benar puas. Sementara suami saya memesan bir Belgia untuk menyantap “mosselen met frite” yang menjadikan ini menu hal istimewa sebagai turis di Brussels.

Ngomong-ngomong anda tahu bahwa kerang itu sumber protein yang tinggi dan rendah kalori loh. Makanan ini kaya zat besi dan mineral. Umumnya resep kerang rebus di Brussels itu bercampur kuah seledri. Orang di sini menyebutnya herbs soup. Saya suka juga menu ini karena ini tidak amis. Cukup kenyang buat kami berdua.

Menikmati moules itu memang jadi ide wajib kulineran bila berkunjung ke Brussels, Paris dan Amsterdam. Ada banyak restoran di sini yang menyajikan citarasa yang enak khas western food untuk membuat famili kerang ini begitu enak disantap. Bahkan hal ajaib menurut saya adalah menikmati moules dengan kentang rebus. Apa jadinya? Silahkan datang dan coba langsung jika anda bertandang ke Brussels!

Author: Anna Liwun

I can do all things through Christ who strengthens me [Philippians 4:13]

6 thoughts on “Brussels (4): Pernah Coba Makan Kerang Rebus Bersamaan Kentang Goreng? Ini Makanan Wajib”

    1. Hai mbak, aku sih pernahnya makan kerang rebus yang jadi jajananan di Jakarta itu dulu, sempat booming pas dulu. Suatu kali aku ikut meneliti pekerja anak yg mretelin kerang yg dijual abang2.. Lngs mikir gak beli lagi karena liat kerang2 itu gmn dikembangbiakkannya.. Tapi di sini krn pake kentang goreng rasanya gimana gt, hahahaha.. Tengkyu mbak Phebie

      Like

    1. Iya, pak. Saya pernah di Jakarta ya hanya kerang rebus saja, tetapi pakai kentang goreng adalah pengalaman berbeda. Terimakasih pak sudah mampir dari Depok.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.