Prasasti George Maduro, yang menjadi tokoh dan inspirasi pembuatan miniatur park Madurodam.
Berbagai miniatur negeri kincir angim ada di sini.
Miniatur bangunan seperti ini.
Miniatur kota Rotterdam.

Jika anda berpergian ke Belanda bersama keluarga, ada tempat wisata keluarga menarik di Den Haag yang bisa menjadi pilihan. Letak tempat rekreasi wisata ini berada di Maduroplein di Scheveningen, di Den Haag. Saya tidak tahu menjangkaunya dengan kendaraan umum, karena kami menggunakan kendaraan pribadi. Lokasi parkir berada di dekat situ, dengan membayar 8€ sekali masuk parkir selama 24 jam.

Bagi anak-anak, Madurodam menawarkan area visualisasi miniatur dari negeri Belanda yang menarik. Selain itu, di sini juga terdapat berbagai sejarah dan prestasi negeri kincir angin melalui aneka ruang audio visual yang dibuat semenarik mungkin. Misalnya, pengunjung diperkenalkan tokoh Maduro melalui tayangan dokumenter dengan durasi singkat dan visual yang menarik. Lainnya misalnya, bagaimana prestasi Belanda dalam sepak bola. Di studio itu, ada juga arena interaksi mini sepak bola.

Area rekreasi Madurodam ini berasal dari nama Maduro. Siapakah Maduro?

Maduro bernama lengkap George John Lionel Maduro (1916-1945) adalah seorang prajurit berdarah Belanda yang terlibat dalam perang dunia. Jika melihat dari tahun kematiannya, anda bisa mengenali bahwa beliau wafat saat perang dunia kedua. Dikutip dari wikipedia, Maduro adalah satu-satunya orang Belanda keturunan Antillian yang dianugerahi gelar Knight ke-4 Ordo Militer William, yang dianugerahi secara anumerta. Pada tahun 1952, atas inisiatif orangtua Maduro maka miniatur Madurodam ini resmi dibuka. Madurodam dimaksudkan untuk menghormati peringatan putra tunggal mereka.

Antrian pertama, teater profil Maduro.
Studio tentang profil Maduro.
Studio tentang sejarah Belanda di abad pertengahan.
Miniatur taman bermain ini.
Miniatur moderen hunian negeri Belanda.
Atau miniatur waterpoort.

Apa saja yang ditawarkan Madurodam?

Setelah pintu masuk, pengunjung masuk pada ruang teater tentang profil Maduro secara bergantian. Petugas akan mengatur pengunjung untuk menyaksikan film dokumenter nan aktraktif ini. Teater mini ini pun, hanya bisa berdiri, tak ada kursi layaknya teater umumnya. Selesai tayangan, pengunjung mulai memasuki taman miniatur sesuai petunjuk jalan.

Area visual lainnya pun bisa diikuti secara gratis, dengan menunggu giliran. Setelah antri di pintu masuk, ikuti petunjuk petugas mengikuti tayangan yang ditampilkan. Studio menampilkan tayangan visual dan audio yang disukai anak-anak. Ini melibatkan suara, gerakan atau gambar yang menarik untuk disimak.

Selepas itu, pengunjung bisa menyaksikan miniatur negeri Belanda yang ditampilkan, mulai dari bagian selatan hingga utara. Lengkap! Saya sebagai turis menjadi paham berbagai lokasi yang sebenarnya belum dijangkau. Misalnya, berapa banyak tulip, bunga kebanggaan orang Belanda ini berbunga tiap tahun dan bagaimana sebarannya. Atau bagaimana penataan kota untuk hunian moderen warga Belanda.

Pengunjung yang suka selfie, tempat ini layak dijadikan tempat berfoto ria, dengan memperhatikan etika. Seperti tidak menginjak area yang dilarang atau merusak area miniatur. Tempat miniatur ini menampilkan arsitektur gedung dan bangunan yang dijadikan destinasi wisata seperti istana, houten huis atau museum. Ada pula miniatur kota Rotterdam, yang menjadi kota pelabuhan, dengan kapal yang dimainkan seperti sungguhan. Menarik!

Serba mini di sini.
Ini juga mini.

Saran dan hal yang perlu diperhatikan:

1. Di Belanda pembayaran banyak dilakukan dengan cashless. Kami bisa membayar parkir dengan mesin otomatis menggunakan kartu debit. Begitu pun, kami membayar karcis masuk.

2. Jika anda memang sudah berencana jauh hari untuk berkunjung, sebaiknya membeli tiket masuk via online atau website langsung. Harga tiket online lebih murah sekitar 16,50€ per orang (jika tidak salah). Sementara kami membeli tiket tunai dan bayar di tempat dikenakan per orang 19,50€.

3. Ini area rekreasi outdoor, pertimbangkan jaket bila musim dingin atau payung bilamana hujan.

4. Tersedia kafe dan restoran yang enak juga, bilamana anda khawatir soal makanan dan minuman bersama keluarga di dalam.

5. Tidak membuang sampah sembarangan.

6. Tidak menyentuh atau memasuki area miniatur. Ikuti petunjuk arah untuk berkeliling.

7. Anda tidak perlu membayar untuk menggunakan toilet umum di tempat rekreasi.