Smurf 1 di pojok galeri hotel Hilton.
Smurf 2 di pojok galeri hotel Hilton.

Bagi pecinta film kartun tentu anda mengenal tokoh Biru yang bernama Smurf. Ya, tokoh ini digemari bukan hanya di kalangan anak-anak dan remaja saja, rupanya banyak juga orang dewasa yang suka dengan tingkah polah Smurf yang lucu dan menggemaskan.

Brussels adalah surga bagi penggemar Smurf di seluruh dunia. Di sini anda bisa dapatkan mural di pusat kota, museum hingga aneka sovenir bertemakan Smurf dengan mudahnya. Anda bisa berfoto dengan latar belakang mural Smurf atau mencari tahu sejarah keberadaan Smurf. Bahkan anda bisa membeli berbagai pernak-pernik tentang Smurf dan bisa dibawa pulang sebagai kenang-kenangan.

Smurf diperkenalkan ke publik oleh seniman asal Belgia, yang dikenal Peyo pada tahun 1958 sebagai komik berkarakter lucu. Semakin dikenal publik, Smurf pun diperluas dalam film layar lebar, serial terlevisi, iklan, game bahkan juga boneka. Smurf diangkat dalam film layar lebar tahun 1980-an. Kini banyak orang di dunia menjadi penganggum tokoh kartun ini. Sebagai penggemar, Brussels adalah tempat meluapkan kegembiraan pada Smurf dan menemukan karakternya yang asli lewat empat tempat berikut yang berhasil saya kunjungi.

1. Hilton Brussels Grand Palace

Pojok SMURF di galeri hotel.

Tempat pertama tentang Smurf yang bisa anda datangi adalah hotel Grand Hilton. Hotel eksklusif ini berada di seberang Grand Palace dan Central Station. Di sebelah hotel terdapat kafe dimana mungkin anda bisa menikmati secangkir kopi dan kue cokelat yang lezat.

Setelah anda memasuki pintu utama, tanyakan kepada petugas jaga bila anda ingin melihat galeri Smurf. Semisal di musim winter ini, hotel ini menyajikan edisi Smurf yang berbeda.

Kami berdua datang di pojok kiri setelah kafe, dekat dengan lobby. Di situ anda akan melihat lemari kaca yang mewah menempatkan tokoh Smurf dengan figur yang berbeda. Hotel ini mengapresiasi seniman pencipta Smurf dan menyediakan galeri tersebut di situ. Anda akan menemukan penjelasannya di lemari kaca tersebut.

2. Museum Kartun

Tampak depan museum dan di belakang adalah toko sovenir penjualan Smurf.

Lokasi kedua bagi penggemar Smurf adalah museum yang disediakan pemerintah di area turis untuk dikunjungi. Tepat di depan museum terdapat patung Smurf di atas jamur yang melambangkan karakternya, berbalut cat putih. Banyak turis senang berfoto di depan patung besar Smurf tersebut. Bersiaplah mengantri untuk berfoto dan selfie di sana.

Letak museum kartun berada di belakang pabrik cokelat atau berjalan kaki sekitar 900 meter dari Grand Palace. Di museum ini anda akan terpuaskan dengan berbagai informasi seputar Smurf dan Tin Tin. Ada kafe, toko penjualan sovenir dan perpustakaan dan berbagai aktraksi hiburan yang disukai anak-anak. Bagi pecinta komik, di sini keingintahuan anda akan terpuaskan. Tentu, anda harus membeli tiket masuk sebelum menjangkau semua itu.

3. Mural di pusat kota

Mural dinding kota, tempat banyak orang berfoto.

Brussels pun tersedia beberapa spot comic strips, termasuk tokoh Smurf. Strips komik Smurf berada di jantung kota Brussels. Anda bisa menyimaknya satu per satu. Kami hanya mendatangi salah satunya mural comic strips yang letaknya tak sampai lima menit berjalan kaki dari Central Station. Dinding mural ini pun tak jauh pula dari Hotel Hilton yang saya sebutkan di nomor 1.

Dinding mural Smurf ini terbuka untuk umum. Siapa pun senang berfoto di area ini. Gratis. Sebaiknya anda juga tidak menyentuh area dinding mural, cukup diperhatikan saja. Ada beberapa strip Smurf yang bisa anda nikmati di Brussels, saya mengambil salah satunya saja yang memang tak jauh dari Grand Palace.

4. Toko Sovenir Smurf

Poster SMURF yang dibeli di toko sovenir.

Lokasi terakhir dimana anda bisa membelinya seperti merchandiser Smurf maka anda bisa mendatangi toko sovenir yang khusus menjualnya. Letaknya berada di sebelah Museum Cartoon. Kami membeli poster Smurf untuk dibawa pulang. Tetapi di sini ada banyak pilihan bagi penggemar Smurf, mulai dari gantungan kunci, magnet holder, boneka, hiasan hingga poster dan sebagainya.

Apakah anda suka juga dengan tokoh Smurf?