Minum schnaps setengah meter yang menjadi keseruan di pasar malam, Brussels.
Kedai ‘wine’ Belgia.
Glühwein.
Cokelat panas.

Menyusuri pasar malam yang digelar saat musim dingin saat tahun baru di Brussels memang mengasyikkan. Bagi mereka pecinta foto selfie, ada banyak spot bisa dijadikan lokasi. Indahnya Brussels Light Show plus keriaan orang menyusuri dinginnya malam bersamaan pasar malam menambah semarak traveling saya dan suami kali ini. Saya belum mau beranjak kembali ke hotel, meski malam semakin dingin. Kami putuskan menikmati suasana pasar malam.

Seperti yang anda lihat, saya merekam warna-warni tiap tenant pasar malam yang indah. Menariknya tenant ini tidak hanya berisi kuliner saja, ada berbagai kerajinan tangan sebagai home industry yang juga dijajakan. Namun saya fokus pada tenant kuliner saja, termasuk minuman. Di Brussels mereka menjual kuliner dari berbagai negara partisipan Uni Eropa dan negara lain. Saya bisa melihat kuliner dari negeri Balkan, misalnya.

Oh ya dibalik keramaian pasar malam, ada pemandangan menarik dimana kelompok orang begitu riuh berlomba bertepuk tangan menyemangati. Penasaran kami pun mendekat untuk memastikan apa yang terjadi. Rupanya terjadi kompetisi minum schnaps sepanjang setengah meter aneka rasa. Mulai dari membawanya agar gelas-gelas kecil tersebut tidak tumpah hingga bagaimana mereka menghabiskannya dalam hitungan detik.

Schnaps aneka rasa sepanjang setengah meter memang lagi kekinian di Brussels dan Zurich. Ini saya lihat dari promosi yang ditawarkan pada tiap tenant yang menjual kuliner malam di musim dingin. Bahkan ini bisa menjadi sovenir yang bisa dibawa pulang juga loh. Saya melihatnya di toko sovenir di stasiun utama di Zurich, Swiss.

Tak cuma schnaps, ada juga glühwein yang sudah lama saya kenal di Jerman. Glühwein ini memang tersedia di benua biru hanya pada musim winter saja, untuk menghangatkan tubuh. Glühwein juga ada di Belanda, Belgia dan Swiss. Kami memesannya pula untuk mengusir dinginnya malam saat itu.

Pecinta wine, silahkan merapat ke kedai wine rasa Belgia. Anda bisa menikmati sensasi minum wine sambil menonton keramaian lalu lalang orang.

Kedai makanan asal Balkan.
Kedai sovenir.
Kedai sosis asal Jerman.

Belgia itu menawarkan sensasi rasa cokelat yang benar-benar lezat di mulut. Di Antwerpen saya memesan susu cokelat panas dan Brussels juga. Minuman cokelat panas mereka memang benar-benar nikmat. Anda bisa memesannya, lalu membayar deposit gelasnya sehingga harganya menjadi 4€. Setelah anda selesai minum, gelasnya dikembalikan dan anda mendapatkan uang deposit gelas kembali.

Bagi petualang kuliner, anda bisa terpuaskan dengan berbagai pilihan rasa di sini. Aneka minuman dan kuliner lengkap bisa dicoba. Jangan lupa berfoto dan pajang pose kuliner di Brussels di media sosial! Karena begitu banyak spot foto memikat yang bisa juga dicoba.