Gartenzwerge modelnya bermacam-macam, salah satunya yang sedang membawa gerobak seperti ini.
Gartenzwerge lain, tampak depan.

Berkebun itu bukan seberapa luasnya lahan yang dimiliki, melainkan ini adalah aktivitas yang dilakukan penuh cinta, tentunya pada tanaman yang dirawatnya. Begitu pelajaran yang saya alami dari keseharian orang-orang di sini. Berkebun itu adalah proses untuk menikmati hasil yang dikehendakinya. Ternyata totalitas berkebun itu tampak dari kebiasaan orang di sini mulai dari perlengkapan berkebun, bibit tanaman yang dipilih, rumah khusus untuk berkebun sampai pula dekorasi berkebun.

Berbicara soal dekorasi berkebun, saya mendapati figur yang hampir serupa di sebagian besar kebun-kebun orang Jerman. Figur ini berupa patung kurcaci dengan aneka pose yang biasanya diletakkan di kebun mereka. Kurcaci ini adalah seorang pria tinggi sekitar tiga puluh senti meter bertopi segitiga dan berjenggot, yang disebut sebagai Gartenzwerge. Hiasan ini konon telah ada sekitar tahun 1800-an hanya dimiliki orang kaya karena menjadi simbol kelas sosial yang tampak dari kebun-kebun mereka.

Dekorasi kurcaci dimunculkan kembali sekitar tahun 1960-an ketika minat berkebun semakin tinggi. Ada yang berpendapat, gartenzwerge itu lebih dari sekedar dekorasi yang ditempatkan di kebun. Katanya, ini semacam simbol keberuntungan agar terhindar dari hal buruk yang menimpa kebun mereka. Itu bisa berarti hama yang mengganggu tanaman, pencuri atau hal buruk lainnya yang menyebabkan ketidakberuntungan.

Gnome, julukan lain dari patung kurcaci itu pun berawal dari cerita rakyat. Semacam dongeng yang mengatakan bahwa gnome pun penghuni bumi dan penjaga alam. Bentuknya saja seperti kurcaci, yang konon memang jadi legenda rakyat yang telah ada beratus-ratus tahun lalu di Eropa. Legenda itu tak hanya di Jerman loh, beberapa negara mengakui keberadaan para kurcaci itu.

Dekorasi kurcaci di kebun orang Jerman bentuknya bisa bermacam-macam seiring dengan perkembangan jaman. Tidak harus berdiri saja, ada yang seperti foto di atas, dia tampak mendorong gerobak. Lambat laun dekorasi kurcaci dibuat menghibur, lucu dan menggemaskan yang ditempatkan di kebun. Bentuknya yang lucu itu membuat saya tersenyum terhibur bila melihatnya.

Bila musim dingin tiba, patung kurcaci ini dibungkus atau disingkirkan sementara di gudang. Saat mulai musim semi seperti sekarang, gartenzwerge dikeluarkan lagi bersama dekorasi kebun lainnya. Jadi sebenarnya dekorasi berkebun orang Jerman itu ada macam-macam. Itu semua kembali pada selera orang masing-masing. Mungkin saja, ada orang di sini yang juga tak suka memiliki dekorasi berkebun. Who knows!