Berkeliling Pakai Sepeda Saat Traveling? Selain Sehat, Ini Perlu Dipertimbangkan Sebagai Pilihan Wisata loh

#StayAtHome#WirBleibenZuHause#

Sewa sepeda di Zurich, Swiss.
Sewa sepeda di Brussels, Belgia.

Berdiam di rumah menginspirasi saya untuk membagikan pengalaman berwisata melalui petualangan bersepeda. Berbagai kota besar di dunia umumnya sekarang menyewakan sepeda untuk para turis, anda bisa manfaatkan peluang itu. Tetapi bila tak ingin menyewa sepeda, mengapa tidak dari sekarang berhemat dan menabung selama berdiam di rumah. Dengan begitu mungkin anda bisa membeli sepeda lipat yang portable dan bisa dibawa saat traveling nanti. Who knows ya!

Ada banyak cara untuk berkeliling mengunjungi destinasi wisata saat kita berada di negeri asing. Berjalan kaki atau naik bus Hop on Hop off pun bisa jadi pilihan, tetapi kini banyak kota-kota di dunia yang menyediakan penyewaan sepeda. Bersepeda itu tidak hanya menyehatkan, ini bisa menjadi pilihan rencana wisata yang kini digemari. Para penggemar sepeda pun bisa langsung ikut tur sepeda bersama para wisatawan lain sebagai bagian dari program wisata.

Mengendarai sepeda sih, siapa pun bisa. Saya pikir begitu, hanya diperlukan kemauan saja untuk mencoba program tur sepeda sambil berkeliling ke berbagai tempat yang menarik dikunjungi. Bersepeda juga bisa menambah jaringan pertemanan loh. Salah satunya, kenalan saya yang ternyata berhasil berjodoh dengan seseorang yang dikenalnya pertama kali saat ikut program tur sepeda saat traveling. Jodoh memang tak kemana ya.

Seiring dengan kecanggihan teknologi pun, penyewaan sepeda pun dilakukan secara digitalisasi. Contohnya saat saya dan suami berkunjung ke Tiongkok. Di sana juga terdapat penyewaan sepeda tanpa anda bertemu langsung dengan si pengelola usaha tersebut. Ada program aplikasi yang diunduh dan kemudian anda perlu berkomunikasi selanjutnya via WeChat, untuk berkirim data dan sepeda yang digunakan. Keren ‘kan!

Penyewaan sepeda di Tiongkok tahun 2017.

Contoh lain adalah kota-kota besar pada akhir tahun lalu yang saya sambangi. Amsterdam misalnya, kota ini dikenal sebagai kota yang ramah sepeda. Sepeda menjadi moda transportasi yang umum digunakan warga dan turis di sana. Sewa sepeda di Amsterdam untuk turis misalnya bisa dihitung per hari (24 jam) dan dibayar bersamaan dengan deposit juga. Depositnya sekitar 25€ dan bisa juga dibayar secara cash atau non cash. Bersepeda di Amsterdam, katanya adalah cara terbaik mengeksplor keindahan kota yang ramah dengan sepeda itu.

Begitu pun dua kota lain yang saya jumpai. Sebut saja Brussels, saya pun melihat penawaran Brussels Bike Tour yang cukup menarik untuk mengisi hari liburan selama di ibukota Belgia itu. Dengan bike tours, setidaknya anda bisa aman dan nyaman bersepeda berkelompok untuk mengunjungi destinasi wisata di pusat kota. Tak suka ikut bike tour, anda bisa menyewa sepeda di pusat kota untuk menjangkau berbagai destinasi tanpa lelah berjalan kaki.

Kota lainnya adalah Zurich, Swiss pun demikian. Pilihan berwisata dengan sepeda menjadi cara terbaik menikmati Zurich di musim panas. Malahan kenalan saya yang tinggal di Swiss pun bercerita bahwa kita juga bisa pinjam sepeda secara gratis alias tidak bayar sewa. Wah, asyik ya! Hanya sayangnya saat saya dan suami tiba di Zurich, cuaca sangat tidak mendukung di musim dingin sehingga kami putuskan batal bersepeda.

Kesimpulan

Bersepeda bisa menjadi pilihan menjelajahi tempat wisata yang dikehendaki. Pilihan wisata sehat ini cukup digandrungi para wisatawan yang bisa dilakukan lewat group tour atau private yang menjadi ide menarik berwisata. Bagi pelancong yang suka mengendarai sepeda, anda bisa mengecek ketersediaan sewa sepeda dan kenyamanan jalur sepeda sebelum tiba di kota destinasi.

Mengingat sekarang, kita tidak bisa berwisata maka anda bisa merancang destinasi wisata, kemana akan pergi setelah krisis Corona berakhir. Siapa tahu petualangan anda jadi lebih seru pakai sepeda!

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.