Lihat Bunga Tulip Bermekaran di Musim Semi Membuat Saya Paham Jenis Varietasnya

Cantiknya bunga tulip di musim semi.
Melihatnya bunga tulip mekar itu membahagiakan.

Bunga tulip milik sendiri itu mekar saat musim semi.

Tak hanya Belanda yang punya keindahan bunga tulip, kami yang di Jerman menyebut bunga tulip dengan Tulpen, begitu mempesona saat musim semi sekarang. Bunga tulip beraneka warna, namun milik kami hanya warna merah dan kuning. Itu pun sudah membuat saya bahagia melihatnya bermekaran di kebun belakang. Melihatnya pun sudah membuat saya bahagia. Bahagia yang sederhana.

Sebagaimana anda tahu, tak mudah memelihara dan merawat bunga tulip. Bunga tulip itu ternyata punya ragam varietas yang berbeda-beda dan tergantung kondisi cuacanya agar bisa bermekaran. Karena pengetahuan saya yang minim soal berkebun, akhirnya saya menjadi paham soal tanaman dari ibu mertua yang rajin merawat tanaman. Beliau menceritakan soal bunga tulip ini pada saya.

Indahnya bunga tulip di musim semi.
Bahagia yang sederhana itu menikmati alam yang Tuhan berikan.

Bunga tulip yang anda lihat itu termasuk jenis varietas ‘mekar dini’ yakni mekar antara selesai musim dingin hingga bulan April. Sementara masih ada dua jenis varietas bunga tulip lainnya. Jenis bunga tulip seperti yang kami miliki ini masih terdiri dari bermacam-macam namanya. Nama bunga tulip kami pun, tak begitu penting menurut saya. Hal penting adalah saya bahagia melihatnya tumbuh mekar dan indah.

Lantas, dua jenis varietas bunga tulip lainnya adalah bunga tulip ‘mekar di pertengahan’ dan bunga tulip ‘mekar di musim gugur’. Dua varietas jenis bunga tulip ini pun masih terdapat nama-nama lain yang membedakannya. Informasi ini sebagai gambaran pada saya bahwa bunga cantik ini pun punya berbagai varietas di Jerman. Ternyata banyak orang Jerman yang juga suka memelihara dan merawat bunga tulip ini.

Negeri tetangga Jerman yakni Belanda kini dikenal dengan kecantikan bunga tulipnya. Keindahan bunga tulip di Belanda bisa diperhatikan saat saya menyambangi Museum Bunga Tulip dan Pasar Bunga. Berbagai informasi soal bunga tulip dikupas di dua tempat tersebut. Di Belanda, umumnya bunga tulip bermekaran sekitar bulan April-Mei yang menjadi atraksi wisatawan. Keindahan bunga tulip memang menjadi magnet turis. Sebagai turis, saya benar-benar tak tahu jenis varietas bunga tulip. Rupanya bunga cantik ini ada berbagai jenis yang mekar sesuai kondisi cuaca dan musimnya.

Memelihara tanaman itu memang memerlukan cinta. Seperti bunga tulip yang dimulai dari bibit dan kini tumbuh mekar nan indah. Melihat tanaman yang mempesona itu saja ternyata sudah membuat saya bahagia. Bahagia yang sederhana ketika kita memahami dan mengamati proses dari berkebun.

Kesimpulan

Mungkin berkebun dan memelihara tanaman bisa menjadi aktivitas anda saat ini selama berdiam di rumah. Dengan begitu, anda pasti percaya apa yang saya sampaikan. Bahagia itu sederhana, melihat tanaman karya ciptaan Tuhan saja sudah membuat saya begitu bersyukur meski saya abai jenis varietas bunga tulip yang dimiliki ketika seorang kenalan bertanya pada saya. Setelah bunga tulip mekar, akhirnya saya paham.

Selamat berhari Minggu bersama keluarga!

8 Comments

  1. The tulips of Germany are looking very beautiful !We had a chance to see them in Netherlands last year during our visit to my son and DIL from where we went for visits of Paris,Brussels and Interlaken/Jungfrau in Switzerland.As I have gone through,You have also posted some blogs on beautiful destinations,Anna !Kindly find time to go through my travelogues as per your convenience!You may like a few of them!Happy reading!

    Liked by 1 person

    1. We are here in Germany also having beautiful Tulips. Yes, I just read your stories about. May you come back again to Europe later. Stay safe there! Happy Sunday for you and family🙂

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.