5 Aktivitas Keren Bagi Penggemar Traveling yang Dilakukan di Rumah Agar Tidak Membosankan

Ilustrasi.

Traveling itu ibarat sebuah buku, dimana setiap lembarnya berisi kumpulan cerita petualangan yang seru dan tak mungkin terulang di lembar lainnya. Tiap tempat punya cerita tersendiri bagi penikmat traveling. Namun siapa sangka, traveling mesti tertunda dikarenakan krisis corona yang masih melanda dunia. Hal yang utama sekarang adalah memikirkan keselamatan orang lain, bukan hanya diri sendiri. Sementara traveling tertunda, bukan tidak mungkin kita berhenti berkreativitas.

Sebagai orang yang suka berpergian, tentu anda ingin tetap menikmati hari di rumah tanpa dilanda kebosanan ‘kan. Namun sebelum saya menjabarkan lebih lanjut, ada baiknya anda mulai menabung dari sekarang. Semisal menyisihkan uang yang biasanya digunakan untuk pergi ke bioskop, nongkrong di kafe atau makan di restoran maka bisa disimpan untuk dana mendesak dan liburan jika suasananya sudah membaik nanti. Bagaimana pun menabung adalah aktivitas utama dan penting sebelum lima aktivitas lainnya di bawah ini.

Apa saja?

1. Bermain games yang berkaitan dengan traveling

Ada beberapa games tentang traveling yang saya ketahui dan cukup mengobati rasa rindu berpetualang. Misal “Passport to culture” dimana pemainnya diuji seberapa cerdas tentang budaya suatu negara di seluruh dunia. Pertanyaan sekitar ratusan dan bila selesai menjawab akan mendapat cap di paspor. Semakin banyak cap maka semakin menang. Games lainnya tentu saja ada banyak, yang bisa dipesan lewat online sementara waktu.

Apakah anda cukup paham bendera-bendera di seluruh dunia? Anda bisa menguji pemahaman anda lewat permainan “Flags of the world educational” dimana anda menebak bendera dan letak geografisnya. Berbagai permainan ini tentu saja membuat anda ingin traveling, tetapi saat ini anda cukup berfantasi dan berdiam di rumah. Siapa tahu kemahiran anda bisa membantu anda saat berpetualang nanti.

Meski sekedar permainan, ide di atas dapat membantu kerinduan untuk berlibur di lokasi wisata fantasi dan bisa menyita waktu selama berdiam di rumah. Anda bisa terapkan jika kalah dan bangkrut di akhir permainan maka harus memasak makan malam atau mencuci piring.

2. Menulis kisah inspirasi dan bagikan di media sosial/blog

Jika selama ini saya dan mungkin anda lebih banyak bercerita soal perjalanan, agenda harian liburan atau tempat wisata yang dikunjungi maka bagaimana jika menulis compelling story? Kisah-kisah inspiratif selama perjalanan yang dilakukan mungkin bisa menjadi menarik untuk dibaca pembaca. Misalnya, saat anda tersesat dan bertemu dengan orang lokal atau bagaimana anda mencoba masakan baru di suatu tempat yang ternyata memiliki nilai budaya.

Kisah inspiratif ketika anda bertemu dengan sesama turis lainnya, yang ternyata punya cerita budaya yang menarik dari negeri asalnya. Cerita soal anda terlambat ikut program tour dan ternyata ada hikmahnya. Kisah inspiratif ini ingin menampilkan cerita perjalanan yang setidaknya berbeda dari kebanyakan wisatawan lainnya. Cerita unik nan inspiratif yang mungkin cuma anda yang mengalami.

Contoh dari saya, salah satunya cerita staf hotel tentang rahasia membuat kopi saat saya di Roma. Atau cerita saya bertemu Husein, pegawai restoran di kapal wisata saat saya berkunjung ke Mesir. Mungkin masih banyak lagi cerita inspiratif yang anda alami dan mungkin itu terlewatkan. Kini saat anda melihat foto dan video liburan selama berdiam di rumah, anda bisa menuliskannya.

3. Membuat dekorasi dari kenangan traveling

Berdiam di rumah, bisa jadi membuat anda teringat sovenir liburan yang belum dipajang di dinding rumah. Setelah liburan bisa saja anda lupa dan tak punya waktu menatanya. Anda bisa atur berbagai pernak-pernik sovenir liburan yang ditempatkan di ruang tamu misalnya. Setiap sovenir tersebut menyimpan kisah liburan anda jika tamu datang bertanya. Anda juga bisa mendesain foto-foto liburan yang dulu belum dicetak kemudian dipajang di ruang keluarga.

Anda juga bisa mencontek ide seorang teman yang sudah berkunjung ke empat puluh negara di dunia. Dia membeli peta dunia yang besar dan dipajang di dinding keluarga. Lalu dia tancapkan pin berwarna untuk menunjukkan negara mana saja yang sudah pernah dikunjungi. Di sebelah peta, ada sejumlah foto yang diabadikan saat berada di negara tersebut.

Bila anda belum pergi ke banyak tempat, anda membuat daftar tempat yang ingin dikunjungi dengan mencetak landmark tempat yang dikehendaki yang ditemukan di internet. Lalu pajang foto-foto tersebut sebagai poster di dinding keluarga atau ruang tidur sebagai reminder yang menginspirasi anda suatu saat nanti.

4. Belajar bahasa asing

Punya waktu berdiam di rumah, mengapa tidak mencoba belajar bahasa baru? Jika anda sudah menguasai bahasa Inggris, pelajari lagi bahasa lain. Setidaknya anda bisa menguasai tiga bahasa dalam hidup yang suatu saat bisa membantu anda saat perjalanan traveling.

Belajar bahasa baru pun bisa dilakukan dengan kursus online yang gratis. Anda bisa juga memasang berbagai aplikasi belajar bahasa asing agar membantu anda mengenal kosakata dan grammatika bahasa asing. Bagaimana pun bahasa asing akan tetap bermanfaat bagi anda pencinta traveling.

5. Menata rumah seperti suasana liburan

Aktivitas saya sekarang di rumah adalah menata halaman rumah untuk berkebun dan menata tempat berjemur (sunbathing). Jika selama ini saya pergi berjemur di area tempat wisata misalnya, kini saya bisa lakukan di rumah sendiri. Tinggal pasang kursi malas atau balai tidur seperti di pantai. Dengan pemandangan kebun sendiri, suasananya seperti sedang berlibur sambil membaca.

Di internet berseliweran informasi menata dekorasi rumah seperti suasana liburan. Misalnya anda suka berkemah. Anda bisa pasang tenda di halaman belakang rumah yang bisa melibatkan anak-anak juga untuk bermain. Berkemah seolah anda berada di pegunungan atau hutan. Lalu memasak dengan grilled atau barbecue pun akan semakin melengkapi nuansa liburan di rumah.

Anda bisa pasang juga kolam renang buatan yang bisa dipompa untuk anak-anak di halaman belakang, sementara anda bisa mengawasi anak-anak sambil berjemur di balai malas. Jika tak punya halaman rumah, anda bisa berdayakan ruangan di rumah dengan mencari jejak dengan pos-pos adalah lokasi wisata populer di dunia. Berdayakan suasana di rumah seperti liburan.

Kesimpulan

Bagaimana pun nikmati suasana berdiam di rumah sebagaimana anda sedang berlibur. Tiap hari ada kesusahannya sendiri dan segala sesuatu yang buruk akan segera berlalu. Ada sebagian orang yang memandang berlibur pun tak harus keluar rumah, cukup menikmati segalanya yang ada di rumah sudah membahagiakan. Anda sendiri bagaimana?

7 Comments

  1. Sejak pandemi ini, saya jadi makin semangat untuk rekoleksi cerita-cerita lama dan membagikannya lewat blog. Mungkin ini hikmahnya COVID-19 buat saya, Anna. Andai tidak dipaksa untuk tak ke mana-mana, mungkin saya bakal menunda-nunda terus untuk menuliskannya dan lama-lama cerita itu makin terlupa dari kenangan. 🙂

    Nice post!

    Liked by 1 person

  2. Jadi ingat traveling terakhir saya awal Desember lalu ke Banyuwangi. Sebelum merebak wabah covid-19. Perjalanan dari ujung ke ujung pulau Jawa itu saya tempuh dengan kereta api. Sengaja. Traveling ala blogger, tetap menjaga produktifitas membuat tulisan selama traveling. Tentu saja saat itu tidak terpikirkan bahwa ke depan akan datang waktu kita bisa traveling. Tidak tahu sampai kapan.

    Liked by 1 person

    1. Mungkin maksud anda “….bahwa ke depan akan datang waktu kita TIDAK bisa traveling…”

      Wah, pengalaman menarik dari ujung jawa ke ujungnya dengan kereta api. Saya belum pernah naik kereta, hanya pernah dari Banten ke Jatim pakai mobil pribadi. Itu saja sudah pengalaman luar biasa.

      Seandainya dulu sambil bekerja menulis blog, maka blog saya sekarang sudah penuh dengan cerita2. Agak nyesel sih sekarang hehehe.. Jadi saya tunggu artikel petualangan anda.

      Semoga situasi pandemi ini segera berakhir. Jaga diri dan kesehatan di sana🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.