Tak hanya bir, ternyata ada minuman campuran yang perlu diketahui saat berada di Jerman.
Lokasi Theresienwiese yang biasanya menggelar festival tahunan Oktoberfest.

Festival tahunan Oktoberfest yang sudah mendunia dan menjadi aktraksi wisatawan mancanegara tahun ini ditiadakan. Racikan bir yang dibuat untuk festival budaya (volkfest) di seluruh Bavaria memang memikat siapa saja, terutama Oktoberfest. Namun bukan berarti anda hanya mengenal bir saja sebagai minuman di Jerman. Negeri ini kaya akan minuman campuran yang membuat saya kaget juga. Semisal pernahkah anda minum air putih tetapi beraroma anggur? Atau pernahkah anda mencoba minum coca cola campur soda jeruk?

Baca: Oktoberfest tahun 2019 yang saya datangi

Jika anda memesan air mineral di restoran misalnya, bisa saja pramusaji bertanya kembali, air mineral dengan soda atau tanpa soda. Alasannya sederhana, air mineral tanpa soda atau ada pula yang menamakannya air mineral tanpa gas, bisa anda dapatkan dari air kran di rumah. Yups, air yang mengalir di rumah tangga itu bisa diminum langsung dan aman. Meski begitu, anda bisa menjelaskan langsung jika ingin minum air mineral dalam botol kemasan.

Langsung saja, 6 minuman campuran apa saja di Jerman yang menjadi pengamatan saya? Ini dia.

1. Spezi

Jika saya dulu di Indonesia suka sekali memesan minuman es teh apa pun makanannya maka suami saya sering sekali memesan spezi saat kami di Jerman. Ini seperti minuman favorit suami saya bila kami makan di restoran. Setelah saya mencoba meminumnya, saya langsung mengatakan bahwa ini bukan selera saya apalagi spezi adalah minuman dengan soda. Lalu apa spezi itu?

Tidak semua negara di Eropa punya merek dagang minuman spezi. Saat kami berada di luar Jerman, pramusaji yang bertanya pesanan minuman biasanya langsung sudah bisa menebak darimana asal kami. Yups, spezi adalah minuman populer di Jerman, seperti di Indonesia punya minuman populer es teh. Spezi di beberapa negara Eropa lainnya, biasa disebut juga cola-mix. Spezi adalah campuran minuman cola dengan soda jeruk.

2. Radler

Hanya di Jerman, saya mengenal aneka macam merek bir meski saya bukan peminum bir. Seperti yang pernah saya ceritakan soal bir di Jerman di artikel sebelumnya. Namun di Jerman ada memiliki aneka macam rasa bir, lepas dari mereknya. Satu yang pasti ada campuran bir dengan limonade, yang kemudian disebut Radler. Radler ini bukan nama merek dagang. Ada beberapa merek bir yang juga menyediakan Radler untuk bisa dinikmati.

Bila kita tidak menemukan Radler, orang Jerman dapat membuat campuran sendiri. Komposisinya kurang lebih lima puluh persen antara bir dan limonade. Limonade adalah jus (sari) buah jeruk yang diberi air soda. Kandungan alkoholnya pun sedikit lebih rendah daripada bir normalnya.

3. Es Teh rasa buah (=Eistee)

Di Indonesia sudah menjadi hal lumrah minuman es teh, yang terbuat dari teh dengan es. Anda bisa menambahkan gula jika ingin es teh manis atau tanpa gula, sehingga menjadi es teh tawar. Namun, di sini anda menemukan es teh (=Schwarztee) dengan sedikit tambahan rasa buah-buahan. Sebut saja, es teh rasa lemon, es teh rasa apel atau es teh rasa buah persik. Itu es teh rasa buah-buahan yang saya kenal. Mungkin masih ada lagi es teh rasa buah yang belum saya sebutkan. Rasanya saya belum menemukan es teh yang murni seperti di Jakarta.

4. Apfelschorle

Buah apel pun menjadi buah favorit di sini, mudah dijumpai bahkan ada juga yang menanamnya sebagai pohon keluarga. Dari sari buah apel maka muncul jus apel, atau biasa disebut minuman Apfelsaft.

Anda bisa mencoba jus apel untuk merasakan sensasi sari apel yang mungkin jarang dijadikan merek dagang. Di sini rupanya tak hanya sari (jus) apel saja, ada juga campuran sari apel dengan air minum bersoda. Jadi, apfelschorle adalah campuran minuman apple juice dengan air minum berkabornasi.

5. Weinschorle

Minuman berikutnya ini hampir mirip dengan minuman di atas, apfelschorle tetapi bedanya minuman ini adalah perpaduan wine dengan air mineral berkarbonasi. Wine adalah minuman alkohol yang terdiri dari berbagai jenis, termasuk juga white wine dan red wine. Hal menariknya lagi, wineschorle pun masih ada yang dicampurkan aroma buah-buahan seperti rasa persik, rasa apel atau rasa anggur. Menarik ya.

6. Air putih dengan rasa buah-buahan (=Wasser mit Geschmack)

Terakhir adalah minuman air mineral yang diberi aroma rasa buah-buahan. Hanya di sini, saya bisa menemukan air mineral dengan aroma rasa apel, rasa buah persik, rasa anggur atau rasa buah lemon. Ini benar-benar luar biasa! Selain air mineral dengan aroma rasa buah-buahan, ada juga air mineral berkabornasi dengan aroma rasa buah-buahan.

Bagaimana menurut anda?