The garden of Mont des Arts, yang sering dijadikan objek foto saat di Brussels.
Lihatlah betapa membludaknya orang berfoto hanya untuk mengabadikan patung kecil, Manekin Pis!
Light show di musim dingin di ruang publik pun tak luput jadi obyek foto.
The Grand Palace adalah tempat yang tak pernah sepi dijadikan obyek foto di Brussels.

* catatan perjalanan di akhir tahun 2019 lalu.

Brussels punya pesona tersendiri, begitu kata petugas resepsionis yang menerima kami di hotel, tempat kami menginap selama beberapa hari. Letak Brussels di sentra Eropa Barat menjadi pilihan strategis bagi turis mancanegara untuk singgah beberapa waktu lamanya, bahkan tinggal di sini. Meski kami pernah melipir sebentar ke Belgia, kami merasa belum lengkap tanpa menginap di Brussels. Itu sebab kami benar-benar menikmati liburan kami di sini.

Para pengambil gambar dan orang yang suka selfie, tentu senang jika saya beritahu sepuluh spot berikut bisa menjadi tempat berfoto yang unik dan menarik. Apalagi tempat-tempat berikut gratis dan bisa dijadikan obyek foto kekinian. Sepuluh tempat berikut berada di area sentra turis dan hanya berjalan kaki, kecuali destinasi nomor 9. Anda perlu kendaraan untuk menjangkaunya namun selebihnya adalah cukup berjalan kaki.

1. Mannekin Pis

Yups, patung yang sudah mendunia ini selalu jadi incaran obyek foto.

Tempat pertama yang selalu menjadi tujuan jika datang ke Brussels adalah patung anak kecil yang sedang buang air kecil. Ketika kami datang pun, tempat ini penuh orang untuk berfoto. Tampak juga kelompok tur memadati area tersebut untuk berfoto dan mendengarkan penjelasan pemandu. Manekin Pis adalah patung anak kecil ‘nyeleneh’ yang sedang buang air kecil. Patung ini sudah mendunia dan ditemukan di berbagai tempat sebagai dekorasi publik.

Patung yang ada sekarang adalah replikanya yang dimunculkan tahun 1965, sedangkan patung aslinya telah ada sejak abad 17. Manekin Pis adalah karya seni dan humor yang melambangkan kebebasan berpendapat. Tempat ini selalu menjadi tujuan banyak orang bila ke Brussels. Letaknya sekitar lima menit dengan berjalan kaki dari Grand Palace.

2. The Grand Palace

Siang hari.
Sisi lain.
Sisi seberangnya.

Di tempat kedua yang menjadi favorit turis untuk berfoto adalah Grand Palace. Baik siang maupun malam, tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan berbagai dunia hanya untuk berfoto. Sebagai kompleks, ada beberapa bangunan yang bisa dimasuki gratis, namun ada pula yang berbayar. Kebanyakan turis berfoto dengan latar belakang the Grand Palace dengan bendera Belgia tergantung di atas, sudah cukup memberi simbol keberadaan.

3. Galerie Royale Saint Hubert

Iluminasi cahaya dalam ruangan, keren.
Desain pertokoan yang mewah.

Selanjutnya adalah galeri ekslusif yang mewah dan menempatkan pusat bisnis dan sosial di dalamnya. Bangunan bergaya arsitektur rennaisance ini sepenuhnya dirancang lewat seni gelas dan metal. Dirancang oleh J. P Cluysenaar sejak tahun 1838, tempat ini menjadi jantung bisnis dan sosial warga kota Brussels dan wisatawan. Ada banyak spot yang bisa dipilih di sini, pastinya anda semakin suka dengan tampilan fotonya nanti.

4. Comic Strip Wall

Di tempat keempat yang menjadi obyek foto saat berada di Brussels adalah comic strips yang berada di area publik. Sederhana memang, tetapi angle pengambilan yang profesional bukan tidak mungkin menjadikan komik berjalan ini bermakna. Bagi pecinta kartun Smurf, anda juga bisa mengabadikan beberapa tempat sebagai obyek foto wisata anda.

Baca: Lokasi foto Smurf di Brussels

5. The garden of Mont des Arts

Berada di seberang area Royal Palace dan Central Station maka akan tampak banyak orang memenuhi area taman dan dekorasi taman sesuai tema, yang dijadikan area berfoto. Taman yang indah seperti labirin, merupakan taman geometrik. Terbayang lebih indah taman ini terlihat jika bukan musim dingin. Ada patung Elizabeth dan Albert yang menjadi Ratu dan Raja Belgia, yang pernah berkuasa sekitar awal tahun 1900-an.

6. Carillon of the Mont des Arts

Ini adalah jam terindah menurut saya. Lihat saja ada 12 figur dalam tiap jamnya dengan desain yang indah. Bila berdentang, maka figur di atas akan memberi tanda. Karena letaknya berdekatan dengan taman yang indah, jam ini pun tak luput jadi obyek foto bila berada di Brussels. Karena lalu lalang orang, saya pun tak bisa mencari tahu, apa makna dan maksudnya. Tetapi ini jam yang keren.

7. Fountain Charles Buls

Pasti anda bertanya siapa Charles Buls itu, ya seperti kami. Beliau adalah seorang tokoh politik yang juga pernah menjadi walikota Brussels. Keberhasilannya membangun kota Brussels memang patut diapresiasi. Atas prestasinya, pemerintah setempat membuat replika Charles Buls pada tahun 1999 di area Grote Markt. Bersama anjingnya yang setia, taman dan air mancur ini pun sering menjadi obyek foto.

8. Central Station

Lokasi berfoto di Brussels lainnya adalah stasiun utama. Bagaimana pun saat orang tiba di Brussels dengan jalur kereta api maka stasiun ini dengan desainnya yang indah pun tak luput sebagai tempat dokumentasi. Stasiun tersibuk di Belgia ini memang layak diabadikan sebagai obyek foto.

9. Cinquantenaire from Montgomery rond point 

Taman publik seluas 30 hektar ini pun menawarkan objek foto yang memukau. Lokasi ini pun sering menjadi obyek foto saat di Brussels, dengan landmark patung kuda yang megah. Dipublikasikan menjadi area pedestrian terbesar, Jubelpark ini telah ada sejak tahun 1880.

10. Street of Arts

Sebuah seni di pinggir jalan, keren kan!

Tempat terakhir yang juga menjadi incaran obyek foto di Brussels adalah street arts yang menawan. Dengan pengambilan gambar yang profesional dan kamera yang mumpuni, banyak pemburu foto berhasil mengabadikan street arts menjadi gambar yang fantastis.

Kesimpulan

Demikian sepuluh tempat yang direkomendasikan sebagai obyek foto menurut pengalaman saya. Meski kini belum saatnya untuk melakukan traveling, tetapi bagi anda yang sudah pernah ke Brussels, artikel di atas seperti memori yang menghantarkan anda kembali ke sana. Atau bila anda belum pernah ke sana, setidaknya ini bisa menjadi gambaran dan mungkin juga harapan bila krisis ini telah berakhir.

Stay safe and be positive as always!