Semudah ini buat salad, bisa buat tubuh sehat senantiasa.

Salad adalah hidangan berbagai kombinasi sayuran segar, yang kadang disertai juga potongan buah atau daging. Selama ini kata salad, selalu dikaitkan makanan western. Padahal kombinasi sayuran dan buah segar juga menjadi kuliner asia. Jika di Indonesia ada beragam salad sayuran seperti gado-gado, karedok dan asinan misalnya maka dua salad sayuran berikut saya buat di rumah sebagai variasi hidangan. Dua salad berikut berasal dari Vietnam dan Italia.

Nom Thap Cham dari Vietnam

Nom Thap Cham dari Vietnam.

Salad ini dibuat setelah saya bertanya pada kenalan mahasiswa yang lahir dalam keluarga Vietnam tetapi dibesarkan di Jerman. Ketika saya memperlihatkan beberapa salad yang pernah saya santap, dia pun menunjukkan kreasinya membuat salad di rumah. Tentu saladnya pun hanya sayuran dengan dressing sauce yang mudah dicoba di rumah.

Salad sendiri diterjemahkan dalam bahasa Vietnam sebagai “Nom” karena terdiri dari berbagai kombinasi sayuran maka menu salad dari Vietnam ini disebut “Nom Thap Cham” sebagaimana yang anda lihat di atas. Hanya sayuran, tak ada daging atau irisan buah.

Nom atau salad ala Vietnam ini biasanya terdiri atas potongan lobak, kol, atau pepaya, dan irisan mentimun. Bahan tambahan lainnya adalah kacang tanah dengan cabai yang dihaluskan. Ini adalah kebanyakan nom yang biasa dibuat di Vietnam. Tak jarang mereka masih melengkapinya dengan potongan daging babi rebus misalnya. Itu disesuaikan dengan selera tiap orang tentunya.

Namun salad (=nom) di atas benar-benar berisi sayuran yang ditemukan di Jerman. Kurang otentik karena kesulitan bahan-bahan seperti yang dijelaskan di atas. Untuk dressing, hanya digunakan minyak zaitun, sedikit perasan jeruk lemon, garam dan sedikit merica berwarna. Agak berbeda dibandingkan salad asli yang ditemukan di Vietnam. Salad di sana bahkan bisa terasa pedas karena berisi cabai yang dihaluskan.

Italian Balsamic Vegetables Salad dari Italia

Italian Balsamic Vegetables Salad.

Salad kedua adalah salad dari Italia dengan dressing sauce yang sesuai namanya. Ya, balsamic vinegar atau balsamic sauce yang biasa saya gunakan untuk menikmati makanan khas Italia di rumah. Contohnya adalah pasta mozzarella tomato yang biasa muncul dalam kuliner khas Italia. Namun kali ini saya hanya menyajikan salad saja, bukan pasta seperti yang anda lihat. Membuatnya sangat mudah di rumah.

Bahan yang saya gunakan adalah daun rucola atau daun rocket, radish atau lobak dalam bahasa Indonesia dan tomat cherry. Untuk dressing sauce, saya hanya gunakan minyak zaitun, garam, merica dan sedikit balsamic saus. Itu sudah memberi nikmat tersendiri soal rasanya. Jika anda tak punya minyak zaitun, anda bisa gunakan minyak sayur.

Saran saya, sayuran sudah mengandung air sehingga tak perlu mengunakan air dalam dressing sauce. Semua sayuran dicampurkan maka tambahkan telur rebus yang sudah dingin ke atasnya. Lalu tambahkan seperti dressing sauce yang saya jelaskan di atas. Agar rasanya mantap, diamkan di lemari pendingin selama lima belas menit. Kemudian anda bisa menikmati salad ini sambil bersantap menu ala western misalnya.

Selamat mencoba di rumah!