Kreasi Sendiri (82): Pilih Pudding Kopi atau Es Kopi? Begini Cara Membuatnya yang Mudah Dicoba di Rumah

Kiri adalah es kopi dan kanan adalah pudding rasa kopi.
Pudding rasa kopi bisa dinikmati di rumah sekarang.

Sarapan pagi di rumah biasa diselingi dengan minum kopi di Jerman. Saya punya mesin kopi yang terkadang masih menyisakan kopi yang saya buat. Akhirnya saya cari tahu agar sisa kopi tidak terbuang dan bisa dimanfaatkan di rumah. Mungkin pengalaman ini pun anda rasakan di rumah sehingga tak ada salahnya saya bagikan pada anda.

Dua pilihan sisa kopi di rumah yang kemudian saya buat adalah es kopi dan pudding rasa kopi. Untuk es kopi tentunya berbeda dengan eiskaffee yang selama ini dipesan di kafe/restoran di Jerman sebagaimana cerita saya sebelumnya. Ini benar-benar es kopi yang sedikit berbeda. Kemudian pudding rasa kopi adalah pengembangan dari dua pudding sebelumnya yang saya buat, hanya ditambahkan kopi saja.

Ini semacam memberi ide bahwa kita bisa membuatnya sendiri di rumah agar hidangan pudding atau es terasa nikmat. Membuat sendiri berarti anda bisa atur tingkat kemanisan atau menggantikannya yang khusus bila anda memang punya kebutuhan hidangan khusus.

Pudding rasa kopi dengan dekorasi yang bisa disesuaikan.

Pudding rasa kopi

Bahan yang diperlukan:

Anda butuh bahan-bahan seperti dua pudding sebelumnya yang saya jelaskan, tetapi ada bahan yang dikurangi yakni susu cair dan bahan ditambahkan yakni sisa kopi yang tak terpakai. Jadi bahan yang dibutuhkan sebagai berikut (1). Satu bungkus vanilla pudding; (2). 250 ml susu cair; (3). 250 ml kopi dingin; (4). 3 sendok makan gula pasir.

Langkah membuatnya:

Masukkan semua bahan yang sudah diaduk dan tercampur rata.
Pudding sudah matang, bisa langsung ditempatkan sesuai selera sebelum dingin.

Pada dasarnya pembuatannya pun sama saja. Siapkan panci dan masukkan bahan yang sudah disebutkan di atas. Aduk-aduk secara rata dan bercampur baik. Jangan sampai adonan sudah mendidih tetapi belum tercampur rata! Setelah adonan tercampur, kecilkan api hingga adonan liat. Masukkan dalam wadah gelas dan biarkan dingin. Jika sudah dingin, anda bisa masukkan dalam kulkas. Oh ya, anda bisa hiasi pudding rasa kopi sesuai selera anda.

Es kopi

Cara menikmati kopi dingin dalam es batu.

Bahan yang diperlukan

Saya hanya menggunakan sisa kopi yang tersisa lalu penuhi cetakan es batu dengan kopi dingin tersebut. Sisanya adalah susu dan krim kopi. Saya tidak pakai gula karena saya gantikan dengan krim kopi dan susu. Tetapi jika anda ingin bahan berbeda, anda bisa masukkan susu dan gula yang dicairkan sebelumnya.

Isi kopi yang tersisa dalam cetakan es batu.

Langkah membuatnya

Sisa kopi sudah tercetak, masukkan dalam lemari es sampai beku. Saya hanya perlu satu hari. Lalu ambil wadah gelas, masukkan beberapa es kopi ke dalam gelas. Masukkan susu setengah dari gelas dan sedikit krim kopi. Aduk-aduk dan anda siap menikmati es kopi.

Selamat mencoba di rumah!

5 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.