Bunga mawar merah yang diberi suami.
Bunga mawar di luar rumah.

Apa yang anda bayangkan jika anda mendapatkan bunga mawar warna merah? Saya sendiri tidak pernah mengartikan apa pun bunga yang diberikan suami. Menurut suami, dia membelikan bunga hanya keindahan saja karena dia yakin setiap perempuan pasti terkesan bila diberi bunga, termasuk saya. Saya jadi paham makna bunga ketika seorang kenalan menceritakan maknanya. Atas cerita kenalan tersebut mengenai arti warna mawar merah dan perawatannya, maka saya pun segera mencari tahu. Aha, satu artikel berhasil saya ceritakan sebagai berikut.

Bunga mawar sebagai bagian dari rosaceae family itu ternyata tidak hanya berwarna merah saja, tetapi ada warna lain yang juga sama memikatnya. Namun warna mawar yang merah sering dijadikan ide para pujangga untuk membuat karya sastra yang indah. Mawar merah juga sering muncul dalam perayaan hari Valentine misalnya. Warna mawar merah itu memberi petunjuk asmara dalam tayangan film atau hiburan. Tetapi apa makna sebenarnya arti warna mawar merah?

Mawar merah adalah simbol cinta. Sudah sejak lama bangsa romawi menjadikan mawar merah sebagai simbol cinta. Ini tampak dari mitologi persembahan bunga mawar merah yang disematkan kepada dewi cinta, Aphrodite. Wujud dewi cinta itu terkadang hadir bersama bunga mawar merah. Kemudian berangsur-angsur karya sastra di abad pertengahan menempatkan mawar merah sebagai lambang cinta atau asmara. Saya rasa hingga sekarang para pria merayu perempuan dengan mawar merah. Bahkan muncul slogan “Katakan Cinta dengan Mawar Merah!”

Di musim semi seperti sekarang adalah waktunya memiliki bunga mawar merah. Ini tumbuh di perkarangan rumah.
Bunga mawar dalam ruang rumah.

Munculnya hari Valentine pun tak luput dari bunga mawar merah. Ketika seseorang memberikan mawar merah kepada orang yang dicintainya adalah pertanda ungkapan kasih. Seseorang yang mampu mengungkapkan kedalaman cinta ditunjukkan melalui banyaknya mawar merah yang diberikan kepada orang yang dikasihi. Mawar merah adalah ekspresi orang yang mencintai.

Lepas dari arti warna mawar merah, namun tak mudah juga merawat bunga mawar merah. Apalagi jika mawar merah yang anda miliki adalah bunga dalam ruangan. Meski demikian, melihat mawar merah tumbuh indah di dalam salah satu ruangan rumah memberi perasaan bahagia yang sederhana karena kita bisa menikmati alam karya ciptaan Tuhan.

Tipsnya untuk dekorasi dalam ruangan

  1. Letakkan bunga mawar dalam ruangan yang bercahaya, tetapi tidak secara langsung terkena paparan sinar matahari. Jangan pula letakkan bunga mawar tersembunyi dan tidak terkena sinar matahari!
  2. Simpan dalam ruangan bersuhu 20-25 derajat celcius.
  3. Bunga mawar wajib mendapatkan air yang cukup, tidak kurang pun tak berlebihan.
  4. Waktu terbaik untuk memiliki mawar merah memang saat musim semi seperti sekarang. Musim yang panas atau terlalu dingin umumnya sulit memiliki mawar merah yang indah.

Bagaimana pengalaman anda dengan mawar merah?