Kue bolu rasa pisang bisa untuk cemilan.

Pisang adalah buah yang kerap ada di rumah saya untuk sarapan pagi. Begitu seringnya saya membeli pisang, hingga saya sempat memiliki pisang yang sudah terlalu matang dan mungkin tak cocok lagi untuk buah. Kemudian saya mencari cara mengolah pisang agar tetap dimanfaatkan. Ternyata saya berhasil. Ini ide ketiga kreasi kue berbahan pisang, setelah muffin pisang dan kue rasa pisang bercampur kacang walnut.

Pisang yang sudah matang bisa saya manfaatkan untuk cemilan Banana Spring roll, aneka kue pisang cokelat hingga pudding rasa pisang. Untuk resep dan pembuatannya, silahkan anda cek pada link yang ditautkan. Untuk pudding rasa pisang, saya akan segera bagikan pada anda.

Saat ini saya bagikan bagaimana mengolah pisang menjadi kue hanya dengan 1 telur dan 1 pisang saja. Plus membuat kue ini pun tanpa menggunakan mixer pastinya. Mudah ‘kan? Hasil praktik pertama berhasil dan enak sekali. Silahkan contek resep saya di bawah untuk mengkreasikan stok pisang anda di rumah agar masih bisa bermanfaat.

Bahan yang diperlukan

Ini dia bahan yang diperlukan.
  1. 1 buah telur
  2. 40 gr gula pasir
  3. 40 gr butter
  4. 1 buah pisang matang
  5. 1 tbsp susu cair
  6. 1/4 tsp vanila extract
  7. 3 gr backing powder
  8. 80 gr tepung terigu
Selesai dipanggang, kue bolu pisang tak mengecawakan.
Kue pisang yang bisa ditaburi gula halus setelah selesai dipanggang.

Langkah membuat

  1. Lumatkan pisang dengan garpu/sendok.
  2. Cairkan butter terlebih dulu.
  3. Siapkan wadah. Masukkan pisang yang sudah lumat, butter yang sudah cair, susu cair, vanila extract, telur dan gula pasir. Hancurkan dan campurkan bahan hingga menyatu dan lembut.
  4. Saring tepung bersamaan backing powder dan masukkan langsung ke wadah yang dijelaskan pada nomor 3. Lakukan secara bertahap kemudian aduk manual dengan adonan agar rata dan menjadi lembut.
  5. Siapkan loyang persegi. Beri kertas roti atau semprot dengan backspray agar adonan tidak lengket di loyang.
  6. Letakkan adonan ke dalam loyang. Pastikan seluruh adonan rata dengan memeriksa dengan sumpit kayu. Hentakkan adonan untuk memastikan rata ke seluruh loyang.
  7. Panggang dalam oven selama 35 menit dalam suhu 170 derajat celcius.

Saran penyajian

  • Untuk lumatkan pisang, sebaikanya gunakan garpu/sendok agar tekstur pisang masih bisa terasa saat dimakan nanti.
  • Mencairkan butter bisa ditiru cara saya. Masukkan butter dalam wadah gelas kaca lalu masukkan dalam panci berisi air panas. Diamkan selama 10 menit.
  • Untuk hasil yang lebih banyak, sikahkan lipat lagi jumlah bahan yang diperlukan.

Selamat mencoba di rumah!