Danau ini dikelilingi hutan Bavaria nan indah.
Informasi tentang Dreiburgensee.
Mengayuh perahu bebek sambil ngobrol.

Musim panas akan datang segera di Jerman tetapi kondisi peralihan cuaca sudah mulai dirasakan. Itu berarti suhu udara bisa begitu terik sekitar 29 derajat celcius, panas menyengat dan membuat cuaca begitu cerah untuk menikmati suasana di luar rumah minggu lalu. Dalam kondisi “die Neue Normalit├Ąt” bahasa Jerman atau kondisi “new normal” setelah pandemi, warga di sini tahu bagaimana harus bertindak untuk kenyamanan dan keselamatan bersama. Salah satunya adalah menikmati alam dan danau gratis di hari yang cerah minggu lalu dengan tetap memperhatikan standar yang diwajibkan pemerintah.

Danau yang saya maksud ini adalah Dreiburgensee yang letaknya di seberang Museumsdorf Bayerischer Wald yang sudah pernah dikunjungi sebelumnya. Cerita museum tersebut, silahkan klik link yang ditautkan. Tak jauh dari danau ini terdapat hotel yang menawarkan pegunungan dari hutan Bavaria. Danau ini sendiri merupakan reservoir hutan sekitarnya dan bebas masuk alias tanpa tiket masuk. Meski danau ini tak luas, tetapi ada saja warga yang datang menikmati keindahan panoramanya terutama saat cuaca cerah kemarin.

Lantas apa saja yang bisa dilakukan warga seperti saya?

1. Berjemur

Rindu hangatnya matahari, mungkin dirasakan di negeri empat musim sehingga kondisi cuaca cerah dimanfaatkan warga dengan berjemur. Berjemur dilakukan dalam kelompok kecil dan tetap menjaga jarak aman satu sama lain. Karena tidak tersedia fasilitas maka warga datang membawa peralatan layaknya piknik keluarga. Setiap orang bertanggungjawab menjaga kebersihan dan tidak merusak alam.

2. Main kano

Bermain kano pun seru di sini.

Aktivitas ini tentu untuk warga yang punya kano pribadi. Bermain kano bisa menjadi olahraga yang asyik, karena danau ini yang tak begitu besar dan aman pastinya. Ada juga yang berjemur di atas kano sambil membawa kano ke tengah danau.

3. Naik perahu bebek

Kayuh perahu bebek juga seru.

Meski tidak ada tiket masuk dan tiket parkir mobil tetapi ada pengelolaan perahu bebek. Perahu bebek nan romantis yang dikayuh dua orang ini juga dinikmati warga yang datang. Jika kita ingin menyewa perahu bebek dalam hitungan jam maka kita perlu membayar sejumlah uang. Kondisi “new normal” tentunya kita harus pakai masker dan isi formulir yang menyatakan informasi pribadi sebelum sewa perahu. Agar menjaga alam dan danau, perahu bebek hanya dikayuh seperti sepeda, bukan menggunakan motor. Jadi berolahraga tentunya.

4. Berjalan keliling hutan dan danau

Keliling danau pun olahraga juga sambil menjelajah hutan.
Menikmati alam itu membahagiakan.

Pilihan lain adalah menikmati hutan dan berkeliling danau. Sebagaimana yang pernah saya ceritakan sebelumnya tentang manfaat berjalan di hutan, maka kesempatan ini baik juga buat saya dan suami berjalan di hutan. Saat berjalan di hutan, saya bisa merasakan energi yang positif untuk tubuh saya selama saya banyak berdiam di rumah. Berjalan di hutan juga meningkatkan imunitas tubuh juga loh. Meski begitu, kita tetap berjalan dengan menjaga jarak aman satu sama lain.

5. Memancing

Saya menemukan bunga lotus.

Saya juga memperhatikan aktivitas lainnya adalah memancing ikan. Ada saja warga yang memanfaatkan waktunya dengan lebih rileks lewat memancing ikan di danau. Konon danau ini adalah tempat pembiakan ikan setelah danau ini ada sekitar abad 18. Namun perlu anda ketahui bahwa memancing ikan hanya orang-orang tertentu yang sudah memiliki lisensi dan diijinkan untuk memancing di perairan di Jerman. Untuk memancing di Jerman ada aturan yang dipenuhi bagi orang-orang yang hobi memancing.

Oh ya, tentu saja danau ini aman untuk berenang karena ada kantor pemantau di dekat danau yang memastikan kondisi keamanan danau. Lagipula danau ini dikenal dengan airnya yang hangat. Sayangnya antusias warga untuk berenang di tempat umum masih menjadi pertimbangan pribadi dalam “new normal” saat ini.

Kesimpulan

Kondisi “new normal” memang sedang kita hadapi saat ini. Hidup harus berlanjut dengan mengacu anjuran pemerintah yang diberikan demi keselamatan dan kenyamanan bersama. Dengan menjelajahi alam, saya seperti menemukan diri sendiri dalam damai. Menikmati alam yang gratis kemarin sudah memberikan saya energi positif untuk bisa melanjutkan kehidupan.

Semangat hari Senin!